Home / Lifestyle / Kesehatan / 6 Cara Redakan Sakit Gigi di Rumah

6 Cara Redakan Sakit Gigi di Rumah

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Saat minum obat penghilang nyeri dan kumur garam tidak bisa membantu banyak untuk meredakan gigi nyut-nyutan, alternatif apa lagi yang harus Anda coba? Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa meredakan rasa ngilu di gigi sebelum Anda pergi ke dokter:

1. Merica dan garam

Merica dan garam adalah bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat kesehatan, karena keduanya mengandung sifat antibakteri, antiradang, dan analgesik. Campurkan merica dan garam, masing-masing setengah sendok teh, dan haluskan dengan beberapa tetes air hingga menjadi adonan lengket. Oleskan adonan langsung di gigi yang sakit dan biarkan beberapa menit.

2. Bawang merah

Bawang merah memiliki sifat antiseptik dan antimikrobial yang bisa mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Caranya, kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang nyut-nyutan.

3. Obat kumur beralkohol

Obat kumur kuat yang mengandung alkohol bisa memberikan efek kebas pada gigi dan gusi yang sakit. Kumur dan tahan cairan dalam mulut di area dengan gigi yang yang sakit selama beberarapa menit, dan buang. Ulangi satu sampai dua kali.

4. Jus lemon

Lemon juga memiliki sifat antiseptik yang bisa membunuh bakteri dalam mulut penyebab sakit gigi. Basahkan kapas dengan jus lemon dan tempelkan kapas pada gigi yang bermasalah.

5. Cuka

Cuka dapur atau cuka apel mengandung properti antibakteri dan antimikrobial yang ampuh untuk meredakan sakit gigi. Kumur dan tahan larutan cuka di daerah gigi yang sakit selma kurang lebih 30 detik, dan buang.

6. Daun jambu

Daun jambu merah bisa meringankan rasa ngilu di gigi karena sifat antiradang, analgesik, dan antimikrobial yang terkandung di dalamnya. Kunyah satu-dua lembar daun jambu sampai ekstraknya keluar, dengan lidah Anda raih gigi yang sakit dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut. (oz)

About admin

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *