Home / Pendidikan / 450 Pelajar SMK Mengikuti Sosialisasi BKK
Walikota Batam Memberi Sambutan di Acara Sosialisasi Bursa Kerja Khusus (foto:mcb)

450 Pelajar SMK Mengikuti Sosialisasi BKK

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebanyak 450 pelajar SMK di Kota Batam mengikuti sosialisasi Bursa Kerja Khusus (BKK) di aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Sabtu (21/10). Sosialisasi yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Batam ini diikuti siswa tujuh SMK dengan bidang kejuruan berbeda-beda. Pesertanya berasal dari SMK Al-Azhar, SMK Putra Jaya School, SMK Terpadu Putra Jaya, SMK Ibnu Sina, SMK Kolese, SMK Batam International School, SMK Kartini, dan SMKN 7. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dunia usaha kepada pelajar SMK yang akan lulus.

“Anak-anak ini kan baru memasuki dunia usaha. Mereka perlu tahu. Itu yang kita perkenalkan hari ini,” kata Rudi.

Pada sosialisasi ini, Disnaker menghadirkan dua narasumber. Materi pertama tentang bagaimana dunia tenaga kerja sebenarnya. Dan materi kedua dari ahli bidang sumber daya manusia atau HRD yang membahas tentang cara masuk kerja.

“Kita siapkan mentalnya. Jangan sampai tamat SMK bingung, apa yang mau dilakukan,” ujarnya.

Terkait BKK, Rudi menjelaskan bahwa ini merupakan program kerjasama perusahaan dengan sekolah khususnya SMK. Sekolah mendapat pelatihan yang sesuai kebutuhan dunia usaha. Kemudian perusahaan merekrut tenaga kerja melalui pengumuman yang dipasang di sekolah. Sehingga bisa dilihat oleh pelajar maupun alumni sekolah tersebut. Saat ini, kata Rudi, sudah banyak SMK yang melaksanakan BKK. Sedikitnya 12 SMK sudah menerapkan program tersebut. Di antaranya SMKN 1, SMKN 2, dan SMKN 4.

“BKK ini aktifnya sejak 2016. Perusahaannya macam-macam, tergantung sekolahnya ada jurusan apa. Bahkan ada yang buat kelas khusus, seperti SMKN di Nongsa yang bekerjasama dengan Kabil Industrial Estate (KIE). Ada satu kelas yang kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan KIE. Program ini guna mensinergikan sekolah dengan kebutuhan lingkungan industri,” kata dia.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap siswa SMK dapat meningkatkan kompetensinya. Sehingga bisa langsung diserap dunia kerja setelah lulus.

“Ekonomi hari ini turun karena kita tergantung luar. Kalau bisa sendiri, akan lebih baik bagi kalian. Setelah selesai bukan di sini tempat kalian, cari kerja sampai ke luar. Maka Bapak titip sama kalian supaya belajar, bukan di bangku sekolah saja. Semakin banyak teman semakin banyak pengetahuan, pengalaman,” ujarnya. (kartika/mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *