Home / Pendidikan / 4 Siswa SMKN 1 Batam Gondol Juara Internasional Asean Skill Competition (ASC) ke XI Kuala Lumpur Malaysia

4 Siswa SMKN 1 Batam Gondol Juara Internasional Asean Skill Competition (ASC) ke XI Kuala Lumpur Malaysia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam  Di ajang kompetisi pelajar bergengsi internasional Asean Skill Competition (ASC) ke XI yang berlangsung di Kuala Lumpur Malaysia 19-29 September 2016 lalu mencatat 4 siswa dari SMKN 1 Batam berhasil menggondol 2 juara, Gold Medal Industrial Automation, yang diraih oleh Ahmad Ramadhani dan Dody Adriansyah, dan Silver Medal CNC Maintenance yang diraih oleh M. Dhio Fadly dan Junito Suroto.

Di ajang yang diikuti oleh para pelajar perwakilan dari berbagai negara se-Asean tersebut, SMKN 1 Batam mengirimkan 2 tim perwakilan untuk 2 bidang lomba, yakni Industrial Automation dan CNC Maintenance.

Ditemui Hangtuah Pos usai penyambutan kepulangan mereka dari Malaysia, kamis (6/10) di sekolah, Dody, Ahmad, dan Dhio mengaku bersyukur dan bangga bisa mewakili sekaligus mengharumkan nama sekolah dan bangsa indonesia dengan raihan juara tersebut. “Lombanya berlangsung tanggal 24-26 september, dan sebelum lomba, expert yang ada disana waktu itu berpesan bahwa yang bisa mengalahkan saat yang terbaik hanyalah kecurangan dan takdir, kami hanya berusaha semaksimal mungkin waktu itu,” papar Dody.

Yuni Miranto, S.ST, expert CNC Maintenance SMKN 1 Batam yang ikut mengantar siswanya tersebut berlaga mengatakan dari indonesia yang ikut saat itu sebanyak 21 sekolah kejuruan yang terdiri dari 42 siswa dari berbagai provinsi. “Tahun 2010 kita pernah mengirim wakil dan meraih medali emas di Bangkok di bidang industrial automation, dia adalah Jefri Satria. Tahun ini 4 siswa ini, mulanya mereka (Dody, Ahmad, Dhio dan Junito, red) mengikuti seleksi daerah (selekda) yang diselenggarakan di SMKN 1 Batam Oktober 2015 lalu, mereka lolos dan ikut seleksi nasional (seleknas) di Jakarta bidang Industrial Automation November 2015 dan meraih juara 1, dalam seleknas tersebut mereka masuk training centre selama 7 bulan, untuk CNC Maintenance training centrenya di SMKN 1 Batam, sedangkan Industrial Automation training centrenya di BBPLK cevest Bekasi, dan 2 tim pada saat itu digabung menjadi 1 tim,” ulas Yuni.

Dan nantinya, lanjut Yuni, kegiatan lomba ini akan berkesinambungan sampai ke tingkat World Skill dengan para siswa yang akan disaring lagi, diadu antara jawara ASC dengan siswa jawara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional Mekatronik yang akan digelar di training centre Malang Jawa Timur. “Mereka ini, Anak-anak ASC siap melanjutkan jenjang berikutnya mengikuti seleksi World Skill menghadapi siswa jawara LKS Nasional yang ada disana nanti,” tegas Yuni diangguki 4 jawara ASC.

Di tempat terpisah, Kepsek SMKN 1 Batam Lea Lendrawijaya Suroso, M.Pd menyatakan harapannya para siswanya jawara ASC tersebut mampu menularkan pengalamannya, bisa mempengaruhi adik-adik kelasnya agar bisa berprestasi seperti mereka. “Dari pengalaman mereka meraih juara agar menjadi motivasi kepada adik-adik kelasnya, sama berprestasi, dan di ajang world skill nantinya bisa mendapat peringkat yang terbaik,” tutup Lea. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *