Home / Daerah / Bintan / 36 PMA Mengajukan Izin Berinvestasi di Kabupaten Bintan

36 PMA Mengajukan Izin Berinvestasi di Kabupaten Bintan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bintan, Kepulauan Riau mencatat sebanyak 36 perusahaan asing mulai 1 Januari-5 Maret 2018 mengajukan ijin prinsip untuk berinvestasi di daerah tersebut.

“Kabar baik awal tahun, ada 36 perusahaan penanaman modal asing akan berinvestasi di Bintan dengan total investasi mencapai Rp2 triliun,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bintan, Hasfarizal Handra, di Bintan, Jumat.

Ia mengatakan, jumlah perusahaan asing yang berinvestasi di Bintan tahun 2017 sebanyak 27 perusahaan. Total investasi di Bintan pada tahun 2017 mencapai Rp12,3 triliun. Sedangkan untuk tipe Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) terdapat delapan perusahaan dengan nilai investasi mencapai Rp1,7 triliun lebih.

Hasfarizal mengatakan Bintan terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan dan fasilitas investasi. Salah satu kemudahan pelayanan perijinan usaha yang terbaru berbasis aplikasi. Melalui e-List atau bisa juga dengan mengklik http://dpmptsptk.bintankab.go.id atau http://dpmptsptk.bintankab.go.id/adm-login.html, investor dapat dilayani.

“Aplikasi pelayanan perijinan usaha tersebut akan terkoneksi langsung ke Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bintan,” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi Saat ini, kata dia sistem pelayanan investasi dituntut untuk serba singkat, serba cepat, dan bila perlu serba daring. Investor tidak hanya membutuhkan lahan, melainkan juga situasi yang kondusif, dengan jaminan kenyamanan berinvestasi. Pemerintah Bintan sendiri menyiapkan apa yang dibutuhkan para investor sepanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, salah satunya terus meningkatkan fasilitas dasar yang dibutuhkan oleh investor.

Pemkab Bintan menyadari investasi dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah Daerah Bintan sendiri melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Bintan telah membuat beberapa inovasi guna mempermudah pelayanan dan pengurusan izin suatu usaha.

“Salah satunya melalui fasilitas penerapan perijinan berbasis online (e-List ) dan juga fasilitas mobil keliling,” ujarnya.

Ia mendukung upaya pemerintah pusat mempercepat pelaksanaan iklim usaha di daerah. “Kami dukung upaya yang dilakukan Presiden Joko Widodo dalam percepatan pelaksanaan berusaha daerah. Pemerintah pusat telah merilis Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha,” kata Apri. (nikolas)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Discovering Resources Tertarik Menginvestasikan USD 10 Juta di Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perusahaan asal Tiongkok Discovering Resources menyatakan minatnya dan akan menanamkan modalnya sebesar USD10 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *