Home / Daerah / Batam / 33 Team Takraw Memperebutkan Piala Walikota Batam
Walikota bersama Dispora Batam usai membuka Sepak Takraw Open Tournament 2018 di GOR Tiban Center

33 Team Takraw Memperebutkan Piala Walikota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebanyak 33 tim bertanding dalam Batam Sepak Takraw Open Tournament 2018. Tak hanya dari Batam, peserta juga berasal dari kabupaten/kota lain di Provinsi Kepulauan Riau. Bahkan dari provinsi tetangga pun ada yang berpartisipasi. Seperti Kabupaten Batanghari dan Tanjungjabung Barat Provinsi Jambi, Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, serta Kabupaten Siak dan Meranti Provinsi Riau.

“Jumlah peserta dan official team lebih kurang 160 orang,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini dalam pembukaan turnamen di GOR Raja Djakfar, Sekupang, Jumat (27/4).

Turnamen ini akan berlangsung selama lima hari, 27 April-1 Mei. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Dispora dan Pengurus Cabang Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI). Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga dan melestarikan olahraga sepak takraw. Serta melahirkan atlet sepak takraw Indonesia yang handal.

“Turnamen sepak takraw ini memperebutkan Piala Walikota Batam,” ujarnya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Dan hadiah yang disiapkan bisa lebih besar lagi.

“Kegiatan seperti ini dapat ikut mempromosikan Kota Batam. Kepada peserta yang berasal dari luar Batam, saya harap dapat ikut promosikan Batam di daerah asalnya,” kata Rudi.

Ia mengatakan saat ini Pemerintah Kota Batam tengah membangun dan menata kota. Dua tahun ke depan, ia yakin Batam akan memiliki ruas jalan paling baik se-Indonesia untuk daerah tingkat dua.

“Insya Allah akan dibangun destinasi-destinasi wisata juga. Jadi 2020, mari datang ramai-ramai ke Batam,” ajak Rudi.
Atlet peserta Batam Sepak Takraw Open Tournament 2018 dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Kepala Kantor BPJS Ketengakerjaan Batam Nagoya, Surya Rizal mengatakan hadirnya BPJS Ketenagakerjaan dalam kegiatan ini bisa memberikan manfaat nyata bagi para atlet.

“Sebagian tim yang bertanding berasal dari luar Kota Batam. Mereka perlu mendapat perlindungan dari risiko pekerjaan. Baik saat dalam perjalanan menuju tempat pertandingan, saat pertandingan, dan saat pulang ke daerah asal mereka,” kata Surya, Jumat (27/4).

Ada sekitar 160 orang atlet dab official team yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Perlindungan sosial yang diberikan yakni melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) selama mengikuti turnamen. Surya berharap dengan dilindunginya atlet dan official team, mereka bisa merasa tenang dan lebih fokus saat bertanding.

Ia mengimbau atlet cabang olahraga lainnya untuk segera mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena atlet juga merupakan pekerjaan yang memerlukan perlindungan dari berbagai risiko. Selain JKK dan JKm, atlet juga bisa mengikuti program Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun. Sehingga bisa berikan jaminan sosial baik saat masih menjadi atlet maupun setelah berhenti.

“Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko terutama para atlet. Diharapkan melalui program di BPJS Ketenagakerjaan ini akan memberikan perlindungan dari risiko pekerjaan yang timbul,” ujarnya.

Batam Sepak Takraw Open Tournament ini diselenggarakan di GOR Raja Djakfar Tiban Kecamatan Sekupang, Jumat-Selasa (27/4-1/5). Turnamen yang memperebutkan Piala Walikota Batam ini diikuti 33 tim dari berbagai daerah. Tak hanya kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau, tapi juga dari Riau dan Jambi. Walikota Batam, Muhammad Rudi berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga melahirkan atlet-atlet sepak takraw yang handal dan profesional. (kartika-mcb)

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *