Home / Budaya / 27 Juli Ditetapkan Sebagai Hari Jadi Kota Ranai
Kepala Dinas Pariwisata Natuna, Erson Gempa

27 Juli Ditetapkan Sebagai Hari Jadi Kota Ranai

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Natuna – Ranai sudah dikenal sejak tahun 1871 silam, saat ini Ranai menjadi ibu kota kabupaten Natuna. Pada 27 Juli, telah ditetapkan sebagai hari jadi kota Ranai oleh Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjungpinang.

“Maka tahun 2017 ini Ranai sudah berusia 146 tahun,” ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Natuna, Erson Gempa di ruang kerjanya, Kamis (26/1).

Erson mengutarakan, pada tahun 1871 Ranai sudah terbentuk, hal itu ditemukan bukti sejarah dimana diberikan pengukuhan tugas oleh Sultan Riau kepada Datuk Kaya Wan Mohamad Benteng sebagai kepala pemerintahan di Ranai.

“Ranai memiliki inditifikasi dan jati diri serta menjadi hari baik menurut Islam dan sepakat dari Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Tanjungpinang yang menetapkan 27 Juli sebagai hari jadi Kota Ranai,” papar Erson.

Bicara tentang pengembangan Destinasi Wisata dan sebagai momen tahunan serta sebagai salah satu media untuk promosi daerah untuk memperingati hari jadi Kota Ranai pada 27 Juli 2017 mendatang, Erson akan launchingkan Branding Pariwisata Natuna dengan konsep Marine Ekowisata Arkeologi (MEA) dengan perencanaan selama tiga hari akan digelar.

“Akan menyediakan 25 spot lokasi mancing, promosi eko wisata Natuna. Dimana alam yang ciptakan seperti Gunung Ranai dan air terjun serta menampilkan arkeologi, dimana wilayah lain tidak ada seperti situs – situs sejarah dan situs muatak kapal tenggelam di laut Natuna,” ucapnya.

Ia menambahkan, kedepannya setiap tanggal 27 Juli selalu diperingati dan ditetapkan di kalender sebagai hari Jadi Kota Ranai dan dapat menampilkan produk wisata Natuna. (mk)

About admin

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *