Home / Internasional / 26 Orang Tewas Akibat Kelaparan di Somalia Hanya dalam 36 Jam
Kekeringan di Somalia.

26 Orang Tewas Akibat Kelaparan di Somalia Hanya dalam 36 Jam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Mogadishu – Setidaknya 26 orang telah meninggal akibat kelaparan di wilayah Jubbaland, Somalia hanya dalam waktu satu setengah hari saja.

Somalia tengah mengalami kekeringan parah yang juga telah menyebabkan kegagalan panen, matinya hewan-hewan ternak dan menyebabkan sekitar 6,2 juta orang, atau sekitar setengah populasinya, membutuhkan bantuan pangan.

Kelaparan parah yang melanda Jubbaland di Somalia selatan telah menyebabkan eksodus ratusan keluarga ke ibukota Mogadishu untuk meminta bantuan.

Di antara mereka yang mengungsi ke Mogadishu, termasuk Ibrahim Abdow (62) yang mengaku menunggangi keledai dan kemudian naik bus untuk tiba di ibukota Somalia itu.

“Hewan ternak dan pertanian kami telah musnah. Sungai-sungai kering dan tak ada sumur di sana,” ujarnya seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (21/3/2017).

Menurut wakil menteri wilayah Jubbaland, Mohamed Hussein seperti dikutip radio pemerintah Somalia dalam situsnya, kekeringan parah di Jubbaland telah merenggut 26 jiwa hanya dalam waktu 36 jam hingga Senin (20/3) waktu setempat.

“Masyarakat di wilayah tersebut membutuhkan bantuan darurat,” kata Hussein.

Warga setempat mengatakan, kota-kota yang dilanda kekeringan tersebut dikuasai oleh para militan al-Shabaab, yang terus melancarkan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintahan pusat di Mogadishu yang didukung negara-negara Barat. (dtk)

About admin

Lihat Juga

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia

HANGTUAHNEWS.CO.ID, – Presiden Joko Widodo mengundang Pemimpin Takhta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, untuk berkunjung ke Indonesia. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *