Home / Daerah / Batam / 21.000 Objek Retribusi Sampah Ditargetkan Mendapat Layanan Non Tunai di Tahun 2018

21.000 Objek Retribusi Sampah Ditargetkan Mendapat Layanan Non Tunai di Tahun 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebanyak 21 ribu objek retribusi sampah ditargetkan mendapat layanan non tunai di tahun 2018 ini. Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Batam, Faisal Novrieco mengatakan target setiap bulannya yakni 1.750 objek retribusi beralih ke non tunai.

“Periode Januari-Februari ini sedikitnya 1.900 objek yang sudah diterapkan pembayaran non tunai,” ujarnya di Sekupang, Senin (19/2).

Salah satu proyek rintisannya yakni Perumahan Gading Mas Sekupang. Dari percontohan tersbeut, DLH berhasil meningkatkan pendapatan retribusi hingga 20 persen dari pembayaran manual dengan karcis.

“Sudah nampak perbedaannya. Maka kami berharap tahun ini untuk Kecamatan Sekupang bisa non tunai semua. Setelah itu baru bergeser ke kecamatan lain seperti Lubukbaja dan Batam Kota,” kata dia.

Tahun ini DLH menargetkan pendapatan dari retribusi sampah sebesar Rp 35 miliar. Upaya yang dilakukan salah satunya dengan mengintensifkan pembayaran secara non tunai. Sistem ini dipercaya dapat meminimalisir atau menekan kebocoran. Penerapan non tunai ini pun didukung warga. Warga Perumahan Gading Mas, Muhammad Arman mengatakan dengan non tunai, retribusi yang dibayarkan setiap bulannya bisa lebih terkontrol.

“Sejauh ini tidak ada masalah, karena sudah disosialisasikan sebelumnya,” kata Arman. (kartika/MCB)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *