Home / EkBis / 20 Ribu Bibit Cabai Rawit Untuk Masyarakat Batam
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Mardanis (foto:net)

20 Ribu Bibit Cabai Rawit Untuk Masyarakat Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pemerintah Kota Batam menerima bantuan 20 ribu bibit cabai rawit dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Bibit ini kemudian oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dibagikan ke masyarakat di beberapa kecamatan. Bantuan bibit ini merupakan bagian dari program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Tiap rumah yang masuk program ini menerima lima batang bibit cabai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Mardanis mengatakan butuh waktu tiga bulan untuk warga bisa memanen hasil tanaman cabainya.

“Kita perkirakan tiga bulan sudah panen. Saat ini usianya sudah satu bulan lebih,” kata Mardanis, Minggu (15/10).
Ia akui ada beberapa bibit yang tidak berkembang alias gagal panen. Namun jumlahnya tidak terlalu besar. Hal ini disebabkan warga yang kurang paham dalam proses perawatan tanaman.

Apabila panen berhasil, kata Mardanis, satu pohon dapat menghasilkan 3-5 ons cabai. Dan dalam satu tahun pohon cabai ini bisa beberapa kali berbuah.

Hasil panen nantinya dapat langsung dimanfaatkan masyarakat. Dengan demikian diharapkan dapat mengurangi belanja warga. Karena dalam satu hari, masyarakat Kota Batam bisa mengkonsumsi cabai hingga 10 ton.

“Cabai ini kan salah satu penyumbang inflasi di Batam. Dan kita sama-sama tahu sebagian besar bahan pangan kita dipasok dari luar. Ketika harga melonjak, masyarakat bisa mengkonsumsi cabai dari hasil tanaman pekarangannya. Itu konsep dari program ini,” papar Mardanis. (kartika/mcb)

Baca Juga  Pemko dan BNN Melakukan Tes Urine ke Camat Lurah Batam

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPIH Batam Ditetapkan Sebesar Rp 32 Juta di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) untuk embarkasi Batam ditetapkan sebesar Rp 32.456.450. Besaran biaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *