Home / EkBis / 14 Perusahaan Jepang Datangi BP Batam Lihat Fasilitas Investasi yang Ditawarkan

14 Perusahaan Jepang Datangi BP Batam Lihat Fasilitas Investasi yang Ditawarkan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam –  BP Batam kedatangan rombongan investor dari Hiroshima, Jepang, Kamis (19/1/2017). Setidaknya ada 14 perwakilan perusahaan Jepang yang bergerak di bidang green industry-high technology datang hari ini.

Deputi V BP Batam Gusmardi Bustami mengatakan, kedatangan investor ini diiniasi Japan External Trade Organization (JETRO). JETRO merupakan institusi di Jepang yang membantu perusahaan-perusahaan di negaranya dalam upaya melebarkan sayap investasi ke negara luar. Batam sendiri termasuk dalam radar tujuan mereka. Karena dinilai memiliki potensial.

“Ini rombongan dari Hiroshima, Jepang. Ada 14 perusahaan, baik yang berkantor di Hiroshima maupun di Singapura yang datang,” kata Gusmardi kepada wartawan.

Adapun tujuan kedatangan rombongan tersebut, yakni ingin melihat dari dekat fasilitas yang dikelola BP Batam, termasuk tawaran-tawaran insentif lainnya yang diberikan BP Batam bagi calon investor. “Mereka ingin melihat dari dekat fasilitas yang kita miliki. Kita bawa masuk ke kawasan industri, lihat fasilitas di sana. Insentif apa yang kita berikan di perdagangan bebas dan pelabuhan bebas,” ujar dia.

Dari kedatangan rombongan itu, Gusmardi memang berharap ada tindaklanjutnya bagi pertumbuhan investasi di Batam. Namun dia menekankan, hal itu juga perlu didukung semua elemen, termasuk masyarakat dalam menjaga kondusivitas Batam. Lantaran erat kaitannya dengan kenyamanan investor yang datang ke Batam.

“Setelah mereka melihat-lihat, tentu mereka memiliki evaluasi. Bagi yang ada minat, akan di-follow up. Kami harapkan ada pelaksanaan yang masuk,” kata Gusmardi. Hingga Januari 2017, Gusmardi menyebut setidaknya ada 30 perusahaan asal Jepang yang berinvestasi di Batam. Dari total investasi yang masuk, Jepang termasuk ranking lima besar nilai investasinya.

“Yang paling besar itu Singapura sekitar 26 persen. Kemudian Hongkong sekitar 21 persen, ketiga Jepang dan negara-negara lain 10 persen,” ujar dia. (*)

Baca Juga  Hatanto Terbitkan Peraturan Tarif UWT Baru

About admin

Lihat Juga

Data Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menggembirakan di Triwulan Pertama

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, data pertumbuhan ekonomi Batam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *