Home / Lifestyle / Kuliner / 12 Makanan Khas Batam yang Bikin Ketagihan

12 Makanan Khas Batam yang Bikin Ketagihan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Batam merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Batam merupakan kota terbesar di Kepulauan Riau dengan jumlah penduduk mencapai 1,1 juta orang. Kota ini memiliki letak yang sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Jika anda berkunjung ke kota ini, tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khasnya yang dapat membuat ketagihan.

1. Bingka Bakar

Sebenarnya kue ini adalah makanan khas dari kerajaan melayu. Namun di Batam, kue ini juga sangat terkenal karena banyak ditemukan di toko-toko kue di kota tersebut. Banyak orang yang mencari kue bingka bakar berkunjung ke Batam untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau untuk dinikmati sendiri. Kue ini memiliki banyak pilihan rasa seperti coklat, keju, pandan, stroberi, dll. Jika anda berrminat untuk mencicipi kue ini atau menjadikannya sebagai oleh-oleh, anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pusat oleh-oleh atau toko-toko kue yang menjual bingka bakar di Batam.

2. Luti Gendang

Sama seperti bingka bakar, luti gendang termasuk makanan ringan yang cocok untuk dinikmati saat santai. Bentuknya menyerupai kroket. Yang membedakannya dengan kroket adalah dari isinya. Jika kroket berisi ragout maka luti gendang berisi ikan atau ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu tertentu di antaranya cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah, dll. Anda dapat menemukan kue ini di pedagang kaki lima yang biasanya ada di pinggir jalan.

3. Sop Ikan Batam

Makanan khas Batam yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri. Sop ikan Batam sangat enak dinikmati saat hangat bersama nasi putih.

4. Mie Sagu

Jika biasanya anda suka mengonsumsi mie yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu, tidak ada salahnya sekali-kali untuk merasakan mie yang dibuat dengan bahan dari bahan dasar sagu. Ukuran dari mie ini lebih besar dan lebih kenyal daripada mie biasanya. Mie ini memiliki aroma sagu yang sangat kuat. Biasanya mie ini diolah dengan cara digoreng. Biasanya mie ini disajikan dengan bakso ikan, telur dan tauge.

5. Mie Lendir

Jika anda melihat gambar di atas pasti akan terlintas Mie Aceh di benak anda. Memang mie ini memiliki tampilan yang sama dengan Mie Aceh, namun rasa yang didapatkan dari ini berbeda dari Mie Aceh. Mie lendir biasanya disajikan dengan ayam, udang, bawang goreng, tauge dan bawang goreng. Ketika anda menyantap mie ini, anda akan merasakan kombinasi rasa manis, pedas dan gurih yang sangat nikmat. Anda dapat menemukan mie ini di daerah Tanjungpinang.

Baca Juga  Sop Ayam Pak Min Klaten : Cita Rasa Tradisional

6. Mie Tarempa

Memang banyak sekali jenis mie yang bisa anda temukan di Kota Batam ini. Ada lagi makanan mie yang terkenal di Batam yaitu Mie Tarempa. Mie yang digunakan adalah mie gepeng dan bumbunya menggunakan bahan yang hampir sama dengan olahan mie biasa. Yang membuat mie ini menjadi spesial adalah topingnya yang menggunakan suwiran ikan tongkol dan seafood.

7. Kek Pisang Villa

Ada lagi oleh-oleh khas Batam yang perlu anda coba yaitu kek pisang villa. Makanan ringan yang satu ini sering diminati oleh para wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Ada beberapa pilihan rasa yang dapat anda pilih di antaranya adalah cokelat, keju, kacang, dll.

8. Mie Kacang Selat Panjang

Walaupun makanan ini adalah makanan asli Riau namun makanan ini sangat terkenal dan banyak dijual di Batam. Mie ini menggunakan kuah kacang yang memiliki aroma udang dan disajikan dengan telur, tahu dan tauge.

9. Bilis Molen

Jika biasanya molen diisi dengan pisang namun bilis molen ini diisi dengan ikan teri. Ukurannnya sebesar cabe rawit dan memiliki rasa gurih yang didapatkan dari ikan teri dan kulit molen. Kue ini sangat nikmat apabila disantap dengan nasi putih dan lauk pauk.

10. Kerapu Steam

Sudah dapat dilihat dari namanya, makanan khas Batam ini menggunakan ikan kerapu yang diolah dengan cara disteam. Ikan kerapu diolah dengan bawang putih, jahe dan tambahan saus untuk pelengkap. Agar rasa yang didapatkan menjadi semakin lezat, maka kerapu steam menggunakan bumbu khusus.

11. Nasi Lemak

Sebenarnya makanan ini merupakan makanan asli Malaysia, namun di Batam anda bisa menemukan makanan ini dengan cita rasa yang khas. Nasi lemak biasanya disantap sebagai sarapan pagi. Nasi lemak dimasak menggunakan santan sama seperti nasi uduk. Kata lemak merujuk pada tekstur dan rasa gurih berminyak yang dihasilkan dari santan kelapa. Makanan ini sangat nikmat dihidangkan dengan telur, mentimun dan ikan teri. Anda juga bisa menambahkan berbagai lauk dan sayur lainnya seperti kacang panjang, ayam, cumi-cumi, ikan, dll.

12. Gonggong

Gong-gong adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar sejenis siput laut yang direbus atau ditumis dengan bumbu-bumbu. Jika biasanya anda hanya dapat menemukan menu makanan ini di restoran seafood, maka di Batam anda bisa menemukannya di hampir semua restoran sari laut.

Itulah tadi 12 makanan khas Batam yang dapat membuat anda ketagihan. Jadi bagi anda pencinta kuliner mungkin makanan-makanan tadi dapat anda coba semua saat berkunjung ke Batam.

Sumber

About admin

Lihat Juga

Bahaya Rokok Elektrik: Bisa Meledak dan Berisiko Kanker

HANGTUAHNEWS.CO.ID – Ada yang beranggapan rokok elektrik atau vaping lebih aman dibanding rokok biasa atau konvensional. Hati-hati, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *