Home / Daerah / 10 Surga Wisata di Kabupaten Lingga

10 Surga Wisata di Kabupaten Lingga

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari lima kabupaten dan dua kota yang mana masing-masing wilayah memiliki potensi yang sangat besar khususnya dalam bidang wisata bahari. Di samping kota Batam dan Tanjungpinang serta kabupaten Bintan dan Kepulauan Anambas, daerah lain yang ada di provinsi ini juga menyimpan banyak keindahan alam yang layak untuk dikunjungi.

Kabupaten Lingga misalnya, daerah kepulauan yang terletak di sisi timur Tanjungpinang dan Batam ini terdiri dari 531 pulau besar dan kecil yang masing-masing sangat berpotensi untuk dijadikan tujuan wisata. Umumnya pulau-pulau di kabupaten ini memiliki pemandangan indah serta laut yang jernih. Ada pula pilihan wisata sejarah yang notabene wilayah berjuluk Bunda Tanah Melayu ini pernah menjadi bagian dari Negara Kesultanan Johor-Pahang-Riau-Lingga.

1. Pecinta Petualangan? Gunung Daik Menanti Ditakhlukkan

Di pulau utamanya yaitu Pulau Lingga, terdapat gunung yang menjulang dengan kemiringan yang sangat ekstrim bernama Gunung Daik. Gunung Daik mempunyai tiga puncak yang membuatnya juga lazim disebut dengan Gunung Daik Tiga. Masing-masing puncak gunung ini memiliki nama Gunung Daik, Gunung Pejantan dan Gunung Cindai Menangis.

Ketinggian maksimal gunung ini hanya sekitar 1.165 mdpl namun jarang pendaki yang berhasil menuju ke puncak. Pasalnya untuk sampai di puncak gunung ini dibutuhkanskill khusus panjat tebing. Tinggal kesulitannya pun telah diakui oleh dunia sehingga tidak sembarangan pendaki yang bisa menikmati keindahan dari puncak Gunung Daik.

gunung-daik
Gunung Daik

2. Pulau Benan, Beranda Kabupaten Lingga yang Mempesona

Pulau Benan adalah satu dari beberapa pulau terluar kabupaten Lingga. Lokasinya berada di ujung paling utara hingga disebut juga sebagai berandanya kabupaten Lingga. Pulau ini belum lama diperkenalkan sebagai salah satu tujuan wisata. Sehingga suasana sepi dan alami bakal traveler dapati saat singgah di pulau ini.

Pulau Lingga menyuguhkan pemandangan alam berupa pantai yang tenang serta air yang jernih. Operator wisata juga menyediakan jasa berbagai jenis olahraga air semisal snorkeling, diving, kayaking dan perahu dengan alas kaca. Selain memamerkan wajah alamnya yang indah pulau ini juga menarik karena keramah-tamahan penduduknya. Trik untuk mendapatkan paket liburan murah ke pulau ini adalah dengan mengikuti open tripyang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Lingga yang diadakan setahun sekali.

pulau-benan
Pulau Benan

3. Air Terjun Makunggal, Spot Alam Tersembunyi yang Jarang Dijamahi

Makunggal adalah satu dari beberapa air terjun yang dimiliki kabupaten Lingga. Air terjun ini terletak di wilayah administratif desa Resun, kabupaten Lingga. Akses menuju ke spot ini masih terbatas dan sulit untuk dilewati kendaraan sehingga membuatnya seakan tersembunyi dari radar para traveler.

Keindahannya yang belum terjamah banyak wisatawan membuat air terjun Makunggal memancarkan aura alami yang jarang ditemui. Kalau traveler cukup tertarik untuk datang ke spot ini sebenarnya jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari pusat desa Resun, hanya butuh hiking selama setengah jam melintasi hutan dan mengikuti aliran sungai dengan pemandangan kanan kiri yang menakjubkan.

Air Terjun Makunggal
Air Terjun Makunggal

4. Kesulitan Mengakses Air Terjun Makunggal, Air Terjun Resun Siap Menggantikan

Kalau merasa tidak cukup berani mengakses medan menuju ke Air Terjun Makunggal maka pilihan lainnya adalah menyambangi Air Terjun Resun yang sama-sama berada di desa Resun, kecamatan Lingga Utara. Air terjun ini lebih populer dan sudah jamak menjadi tujuan wisata traveler di akhir pekan dan hari libur,. air Terjun Resun telah dikonsep sebagai tujuan wisata alam yang cukup baik. Di bawah terjunan air dibangun kolam pemandian yang dikepung oleh pepohonan yang rindang. Sumber air yang berasal dari air terjun pun memiliki kualitas yang bersih dan jernih. Dari Daik, ibukota kabupaten Lingga, air terjun ini bisa diakses dengan kendaraan bermotor selama 20-25 menit saja.

Air Terjun Resun
Air Terjun Resun

5. Pantai Dungun, Potret Pantai yang Manis dan Eksotis

Kabupaten Lingga dianugerahi dengan banyak pulau dan pantai eksotis salah satunya adalah Pantai Dungun yang terletak di desa Dungun, kecamatan Lingga Utara, lokasi yang sama dengan keberadaan dua air terjun cantik Makunggal dan Resun. Pantai ini mempunyai pasir yang lembut berwarna putih.

Sedangkan di pesisirnya terdapat hamparan bebatuan yang tersebar memanjang sepanjang garis pantai. Pun demikian air laut pantai ini terlihat sangat jernih dan berwarna biru muda. Dengan karakteristik ombak yang tenang, pantai ini cukup aman untuk digunakan beraktivitas di air seperti berenang dan snorkeling.

Baca Juga  10 Kota Berdaya Saing Pariwisata, Batam Nomor 3
pantai-dungun
Pantai Dungun

6. Pulau Penaah, Tujuan Wisata Bahari Favorit di Lingga

Pulau Penaah adalah satu dari beberapa pulau yang terkenal sebagai tujuan wisata bahari. Pulau ini berada di wilayah kecamatan Senayang, kabupaten Lingga. Pulau tropis ini dikelilingi oleh pantai dengan hamparan pasir yang putih lembut. Dari kejauhan kecantikan pulau ini sudah bisa terlihat dengan jelas.

Pantai-pantai di Pulau Penaah ini mempunyai kontur yang landai dengan ombak yang tenang. Hal tersebut masih ditunjang oleh visibilitas airnya yang bagus sehingga cukup mudah melihat alam bawah laut di sekitaran pulau ini dengan melakukan selam permukaan alias snorkeling. Liburan ke Kabupaten Lingga, sempatkan mampir ke pulau yang menjadi salah satu andalan wisata bahari daerah tersebut.

pulau-penaah
Pulau Penaah

7. Pulau Berhala, Salah Satu Pulau Tercantik Milik Lingga

Jangan pernah melewatkan Pulau Berhala dalam bucketlistmu di kabupaten Lingga. Pulau ini bisa kamu temukan di desa Berhala, kecamatan Singkep Selatan. Apa yang membuat pulau ini layak untuk dikunjungi? Pulau berhala memiliki pantai yang sangat indah dengan batuan granit seperti di kawasan Belitung.

Warna air lautnya pun memiliki gradasi yang cantik mulai dari hijau muda, hingga semakin berwarna biru di tengahnya. Pulau ini menjadi salah satu spot snorkeling favorit wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Lingga sebab alam bawah laut kabupaten ini masih cukup terjaga dengan kondisi terumbu karang yang tubuh alami.

pulau-berhala
Pulau Berhala

8. Pulau Duyung, Pulau Dengan Legenda yang Terkenal

Satu lagi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi di Kabupaten Lingga yaitu Pulau Duyung. Untuk berkunjung ke pulau ini traveler harus naik kapal feri menuju ke kecamatan Senayang. Pulau Duyung adalah wilayah pemekaran baru dari desa Pulau Medang. Namanya diambil dari penampakan sebuah batu yang katanya berbentuk seperti ikan duyung.

Al kisah, dulu terdapat batu besar di tengah laut yang berbentuk seperti ikan duyung, memiliki kepala, mata hingga ekor. Entah bagaimana caranya batu tersebut kemudian pindah ke perbukitan di pulau tersebut namun kabarnya bentuk duyung tidak begitu jelas lantaran bagian ekornya telah patah dan wajahnya juga tidak jelas. Dari sanalah kemudian pulau ini dinamakan Pulau Duyung.

pulau-duyung
Pulau Duyung

9. Pulau Lalang, Keindahannya Akan Selalu Terkenang

Pulau-pulau kecil yang ada di desa Berhala memiliki karakteristik serupa berupa pantai eksotik yang dikelilingi oleh batuan granit yang indah. Di samping Pulau Berhala ada pulau lain yang tak kalah indah yakni Pulau Lalang. Pulau ini termasuk pulau yang berpenghuni dimana penduduknya terkenal sangat ramah dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

Meski promosi pulau ini tidak segencar pulau Penaah dan pulau lainnya namun lambat laun keindahan pulau Lalang mulai dilirik banyak wisatawan. Bagaimana tidak buat mereka yang suka dengan pemandangan pantai serta segala aktivitas yang berhubungan dengan laut pasti akan senang melihat tampilan pulau ini.

pulau-lalang
Pulau Lalang

10. Istana Damnah, Menilik Tujuan Wisata Sejarah

Berkeliling daerah Daik yang notabene merupakan ibukota Kabupaten Lingga traveler akan disuguhi banyak peninggalan sejarah yang kian menguak kekayaan budaya negeri ini. Daik dikenal sebagai pusat kerajaan dengan peradaban yang sangat maju. Bukti sejarahnya masih ada hingga kini salah satunya lewat penampakan Istana Damnah. Istana yang berbentuk persegi delapan ini konon merupakan tempat tinggal dari Sultan penguasa Kerajaan Riau-Lingga. Dari sini pula mulai berkembang kebudayaan Melayu yang kini berkembang menjadi identitas negara Indonesia. Istana Damnah dibangun tahun 1860 yang bertepatan dengan masa keemasan Kerajaan Riau Lingga. Berkunjunglah ke tempat ini untuk mempelajari kebudayaan Melayu yang asli di daerah asalnya.

Semestinya masih banyak tempat wisata menarik di kabupaten Lingga yang belum tercatat dalam daftar ini pun juga belum diketahui traveler lainnya. Maka dari itu Travelingyuk mengajak kalian semua untuk ikut serta melengkapi daftar ini dan memberi rekomendasi tempat berlibur untuk wisatawan lain yang tertarik berkunjung ke kabupaten Lingga.

istana-damnah
Istana Damnah

credit : travelingyuk.com

About admin

Lihat Juga

Pawai Ta’aruf MTQ ke-IX Natuna Dipadati Ribuan Masyarakat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Natuna – Ribuan masyarakat Natuna dari berbagai belahan wilayah kepulauan di Natuna memadati halaman astaka MTQ …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *