Home / Daerah / Batam / 10 OPD Prioritas Perbaikan LKIP
Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin. (Foto: Net)

10 OPD Prioritas Perbaikan LKIP

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sepuluh Organisasi Perangkat Daerah diprioritaskan dalam perbaikan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP). Perbaikan laporan ini guna mendongkrak nilai LKIP dari C menjadi B. Adapun kesepuluh OPD yang dimaksud yaitu Inspektorat Daerah, Bapelitbang, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Perikanan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

“Target kita minimal B, ada peningkatan dong. Untuk dapat nilai LKIP B, minimal 10 OPD. Pak Wali berharap B, maka ada 20 OPD untuk perbaiki laporannya,” kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin usai memimpin rapat Evaluasi Akuntabilitas Kinerja tahun 2017 di aula Kantor Walikota Batam, Jumat (6/10).

Pada rapat ini sengaja dihadirkan tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Tujuannya untuk mengetahui di mana kelemahan laporan Pemko Batam sehingga tahun lalu hanya mendapat nilai C. Menurut penjelasan tim Kemenpanrb, ada beberapa hal yang perlu disinkronkan dalam laporan. Jefridin akui saat ini sinkronisasi masih dilakukan secara manual. Namun ke depannya akan dibuat sistem agar sinkronisasi dapat dilakukan dengan lebih baik. Semua kegiatan yang dilaksanakan OPD harus mendukung tercapainya visi misi Walikota dan Wakil Walikota Batam.

“Harus mengerucut sampai situ. Ini sedang dievaluasi, kita mau hasilnya bagus. Yang tanggungjawab menindaklanjuti Bapelitbang, Inspektorat, dan Bagian Organisasi. Saya berharap LAKIP semua dinas sesuai RPJM,” kata dia.

Awal tahun ini, tepatnya di bulan Februari, Pemko Batam juga sudah melakukan asistensi serupa dengan Kemenpanrb. Selain asistensi, Pemko juga meminta bantuan berupa aplikasi dari Kementerian yang dipimpin oleh Asman Abnur tersebut. Bahkan demi meningkatkan nilai Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Pemko Batam sampai membentuk tim khusus. Dan di tiap OPD ada tim internal yang di dalamnya termasuk sekretaris dan bidang program. (kartika/mcb)

 

Baca Juga  Goro Pegawai Pemko Batam, Utilitas Hingga Sampah Baliho Mengganggu Aliran Drainase

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

Kesenian Berbagai Daerah Warnai Sosialisasi Pemilu 2019

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Beragam kesenian ditampilkan dalam acara Pagelaran Seni dan Budaya dalam Rangka Menyambut Satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *