Home / Daerah / Batam / 10.000 Muslim Kota Batam Khatam Quran Bersama Menjemput Ramadhan

10.000 Muslim Kota Batam Khatam Quran Bersama Menjemput Ramadhan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sekitar 10.000 masyarakat muslim Kota Batam khatam Quran bersama di Batam Mengaji Menjemput Ramadhan. Acara yang digagas Forum Silaturahmi Dewan Kemakmuran Masjid ini dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (12/5) sore.

Selepas Ashar umat muslim berkumpul di lapangan. Sebelum mengaji, acara dimulai dengan membentuk tulisan Allah dan BATAM MENGAJI dari barisan manusia. Setelah itu, peserta dipersilakan mengambil tempat duduk secara berkelompok. Untuk kemudian dibagikan surat dan ayat yang akan dibaca tiap kelompok kecil atau halaqah.

“Kita sama-sama baca Al-fatihah, kemudian ayat yang sudah dibagikan selama 15 menit. Setelah itu, kita baca Adh-Dhuha sampai selesai. Dan kita baca doa khatam Quran bersama,” papar panitia memberikan pengarahan.

Jika sudah selesai membaca bagian ayat sebelum 15 menit, peserta dipersilakan membaca ayat lain. Peserta Batam Mengaji diajak memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dan diminta untuk tidak terburu-buru membaca, agar benar makhrojnya. Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad mengatakan kegiatan ini murni ide dari rekan panitia. Kegiatan dilaksanakan demi masyarakat Batam.

“Kami menyambut baik ide ini karena memang sejalan dengan visi Kota Batam. Kemudian dekat momentum Ramadhan. Mudah-mudahan kita dicurahkan keberkahan dan rahmat untuk kota yang kita cintai ini. Mudah-mudahan memberi arti bagi kota yang kita cintai, provinsi yang kita cintai, republik yang kita cintai,” ujarnya.

Amsakar berharap semoga kehadiran umat muslim di Dataran Engku Putri sore itu tidak ditafsirkan macam-macam. Karena kegiatan ini digelar murni untuk membumikan Al-Quran, bentuk ibadah, dan silaturahmi. Melalui kegiatan ini ia berdoa semoga Batam ke depannya semakin menggeliat, perekonomian tumbuh lebih baik, kesempatan berkarya bagi masyarakat Batam semakin luas.

“Mari kita pupuk kecintaan terhadap Kota Batam. Kita bangun sinergitas. Kita rawat kota kita ini. Sehingga senantiasa harmoni dalam menjalankan kehidupan ke depan,” kata dia. (kartika-mcb)

 

About Sri Wahyudi

Freelancer, Jurnalis, Editor dan Grafis Designer di Hang Tuah News dan Hang Tuah Pos.

Lihat Juga

BPJS Ketenagakerjaan Job Fair Diikuti 30 Perusahaan Peserta

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar Job Fair atau Bursa Kerja di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *