Home / Pendidikan / Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017
Walikota Batam M. Rudi saat membacakan pidato Mendikbud RI Muhadjir Effendi.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dinas pemerintah kota Batam bersama dinas pendidikan kota Batam gelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, selasa (2/5/17) bertempat di lapangan Temenggung Abdul Jamal.

Hadir walikota Batam Muhammad Rudi, SE, MM, wakil walikota Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, sekda kota Batam Jefridin Hamid, TNI AL dan AD, dinas kepolisian, satpol pp, jajaran SKPD, dinas pendidikan kota Batam, dinas eselon, DPRD kota Batam, marinir, serta perwakilan siswa SD hingga SMA.

Pelaksanaan upacara berjalan khidmat dan tertib. Dalam sambutannya, Rudi yang membacakan pidato mendikbud RI Muhadjir Effendi mengatakan tema Hardiknas kali ini adalah percepat pendidikan yang merata dan berkualitas, berkaitan dengan tuntutan pendidikan yang cepat dan berkualitas sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa menjangkau pendidikan yang merata dan berkualitas.

Rangkaian upacara peringatan Hardiknas 2 mei 2017.

Masalah yang masih timbul dalam dunia pendidikan diharapkan bisa melipatgandakan energi kehendak dan ikhtiar untuk menemukan terobosan-terobosan yang baru. Hardiknas diperingati sebagai hari kelahiran bapak pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara yang merintis pemikiran dan gagasan tentang pendidikan. Salah satu wacana pemikiran beliau adalah Panca Dharma, bahwa pendidikan harus beralaskan 5 dasar, yaitu kemerdekaan, kodrat alam, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan. 3 azas yang diterapkan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani harus senantiasa dipraktekkan dalam upaya pemajuan pendidikan.

Rangkaian upacara Hardiknas dan pemberian simbolis beasiswa kepada 5 siswa berprestasi yang lolos di PTN.

Pembentukan karakter dikatakan Rudi, saat ini mulai dibangun dalam usaha pendidikan siswa, yang mulai diterapkan oleh pemerintah Indonesia. Masa depan Indonesia ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter/budi pekerti dan keterampilan hidup. Untuk itu diperlukan pelatihan-pelatihan yang berkelanjutan dan diperlukan kerjasama pihak tenaga pendidik dan masyarakat demi terwujudnya reformasi pendidikan nasional.

Baca Juga  Beragam Lomba di Beberapa Sekolah Memperingati Hardiknas

Upacara ditutup dengan pemberian simbolis beasiswa kepada 5 siswa berprestasi yang diterima di perguruan tinggi negeri. (dian)

Foto bersama walikota dan wawako bersama para orang tua siswa penerima beasiswa prestasi lolos PTN serta peserta upacara peringatan Hardiknas.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *