Home / Pendidikan / Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Untuk SMA Digelar
Pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Batam, yang berlangsung senin (10/4) hingga kamis (13/4).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Untuk SMA Digelar

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Usai SMK, kini giliran SMA melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) dan manual, senin (10/4) – kamis (13/4).

Dikonfirmasi Hangtuah Pos, selasa (11/4), waka kurikulum SMAN 1 Batam Sikkat Simanulang menjelaskan total siswa kelas XII disitu berjumlah 346 orang.

“Ujian dibagi dalam 3 sesi pelaksanaan, yakni sesi 1 pukul 07.30-09.30, sesi 2 pukul 10.30-12.30, sesi 3 pukul 14.00-16.00, 1 labor diisi peserta sebanyak 39, 39, dan 38 siswa. Mapel UN antara lain bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, dan mapel pilihan (siswa memilih salah satu dari 3 pilihan pelajaran jurusannya), dan total lokal yang dipakai sebanyak 3 lokal,” terang Sikkat.

Dikatakannya, Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos, M. Si , kadisdik provinsi Kepri Drs. H. Arifin Nasir, M. Si beserta staf datang memonitor pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Batam, senin (10/4). Dan sudah hadir di sekolah pukul 06.00 pagi.

“Pagi itu, Pak Nurdin mereview siswa agar tidak tegang menghadapi selama menghadapi UNBK nantinya, dan memotivasi siswa untuk mempersiapkan diri menuju ke perguruan tinggi,” jelas Sikkat.

Untuk susulan ujian, Sikkat mengatakan akan dilakukan tanggal 17-18 April bagi yang absen selama UNBK.

“Hingga hari kedua ini siswa masuk semua, pengawas silang murni dari sekolah lain sebanyak 3 orang,” kata Sikkat.

Yang melaksanakan UNBK untuk SMA, lanjut Sikkat, antara lain SMAN 1 Batam, SMAN 3 Batam, SMAN 5 Batam, SMAN 11 Batam (yang menumpang di SMKN 1 Batam), SMAN 12 Batam (yang menumpang di SMKN 2 Batam).

“Sisanya UN secara manual yang dilaksanakan 1 sesi saja mulai pukul 10.30-12.30. Sistem tetap sama seperti tahun sebelumnya, yakni kartu peserta dan kartu login usai ujian dititipkan ke sekolah,” ungkapnya.

Dan tiap harinya sebelum ujian, ulas Sikkat, siswa dikumpulkan di lapangan untuk berdoa dan di briefing. “Siswa diharapkan sudah siap 45 menit sebelum pelaksanaan UNBK. Dan sabtu (15/4) sudah digelar perpisahan untuk mereka siswa kelas XII. Untuk UAS kelas X-XI akan dilaksanakan tanggal 29 mei, itupun menunggu jadwal pasti lagi dari disdik provinsi dimajukan/tidak karena berbarengan dengan puasa,” tutup Sikkat. (dian)

Baca Juga  Monitoring Kadisdik Kepri ke SMK Kartini dan SMKN 1 Batam di UNBK SMK Kota Batam
Siswa di briefing dan berdoa bersama sebelum menghadapi UNBK.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *