Home / Pendidikan / SMP Muhammadiyah Plus Batam di 13th Malaysia Scout Jamboree

SMP Muhammadiyah Plus Batam di 13th Malaysia Scout Jamboree

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Malaysia – Untuk kali kedua SMP Muhammadiyah Plus Batam turut serta di ajang perkemahan akbar internasional “13th Malaysia Scout Jamboree Kuala Lumpur International Scouts Jamboree”, yang berlangsung jumat (25/11) hingga kamis (1/12) di Batu Metropolitan Park Kuala Lumpur Malaysia, dimana jambore tersebut diikuti oleh 7.000-an peserta dari 9 negara, antara lain Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina, Karzakstan, Kenya, Sri Lanka, dan Bangladesh. Sebanyak 16 siswa kelas 7 – 9 SMP Muhammadiyah Plus yang ikut dalam jambore ini, didampingi 3 orang pembina, antara lain Aden Yusuf Maulana, Waridy dan Dyah Retno Wulan.

Dalam telewicara dengan Hangtuah Pos selama perkemahan berlangsung, Aden mengatakan sesuai dengan motto Muhammadiyah Plus yakni “Go Internasional” maka jambore ini menjadi momen berharga bagi siswa untuk menambah pengalaman dan pengetahuan khususnya dalam kepramukaan di mancanegara.

“Sikap disiplin kemandirian sosial itu yang kita tanamkan dalam diri anak-anak. Ini yang ke dua kali kita mengikuti ajang Internasional dalam kepramukaan. Tahun lalu kita mengikuti internasional jambore singapore dengan mengirim 13 siswa dengan 2 pendamping. Sekarang 16 siswa dengan 3 pendamping, termasuk saya,”ungkap Aden.

Dikatakannya banyak aktifitas yang mereka lampaui, meski medan dan cuaca yang tak mendukung tak menyurutkan antusias dan semangat tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus untuk mengikutinya. “Disini (Malaysia, red) setiap hari hujan turun selama perkemahan. Aktifitas selama perkemahan secara garis besar ada 5, yakni jelajah bandaraya kota Kuala Lumpur (city exploration), kembara alam dan budaya (nature & culture journey), rintangan ekstrem (extreme obstacles), pameran informasi (information exhibition), dan cabaran aktiviti berpengkalan (base activities challenge). Untuk aktifitasnya dimulai minggu (27/11) hingga kamis (30/11),” terang Aden.

Baca Juga  Momen Idul Adha Sekolah Muhammadiyah Plus, Cetak Mubaligh Hafiz, Alim dan Mandiri
Foto bersama tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus dengan pengakap Malaysia
Foto bersama tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus dengan pengakap Malaysia

Ditunjukkannya beberapa fotografi aktifitas tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus, jelajah kota, mengunjungi musium di KL, panjat dinding, flying fox, arung sungai, dan jelajah hutan mengiringi setiap aktifitas mereka. “Harapannya dengan jambore ini wawasan pengalaman siswa semakin luas, mengenal budaya negara lain dan menjalin persahabatan dengan teman baru dari negara lain. Khususnya menjalin komunikasi dengan bahasa asing,” tutup Aden. (dian)

Rangkaian aktifitas tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus di ajang 13th Jamboree Scouts Malaysia Kuala Lumpur International Jamboree
Rangkaian aktifitas tim pramuka SMP Muhammadiyah Plus di ajang 13th Jamboree Scouts Malaysia Kuala Lumpur International Jamboree

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *