Home / Pendidikan / SD Muhammadiyah Plus Batam Raih Jawara Sains Nasional dan Internasional
Ahmad Fikri raih emas di OSN 2017 Pekanbaru (pojok kiri bersama pembinanya, Muhammad Ikhsan).

SD Muhammadiyah Plus Batam Raih Jawara Sains Nasional dan Internasional

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Kembali siswa SD Muhammadiyah Plus Batam berhasil raih jawara sains di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD yang berlangsung di Pekanbaru 2 – 8 juli 2017 lalu, dimana ajang tersebut diikuti oleh 102 peserta dari 34 provinsi di Indonesia. Dia adalah Ahmad Fikri Azhari (kelas 5) yang berhasil meraih perak. Dan sebagai informasi bahwa provinsi Kepri tahun ini mendapatkan 1 perak 5 perunggu di ajang tersebut, dengan 15 orang juri, antara lain dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, UI, Kemendiknas, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Sedangkan juara umum OSN 2017 diraih oleh DKI Jakarta.

Di ajang sains internasional Singapore International Mathematic Olympiade Challenge (SIMOC) yang digelar di Singapura, 14-17 juli 2017, dimana diikuti oleh 81 peserta dari perwakilan Indonesia, dan dari 17 negara wilayah Asean total sebanyak 1400 peserta, Ahmad Fikri meraih emas dengan posisi ke 6 dari 17 negara tersebut, sedangkan Muhammad Ibadi Ilmi (kelas 5) meraih perak setelah sebelumnya mereka berdua berhasil lolos di babak penyisihan Singapore Asian Mathematic Olympiade yang berlangsung 8 april lalu di sekolah Kalista Batam. Sebelumnya SD Muhammadiyah Plus Batam mengajukan 3 peserta, dengan peserta ketiga yakni Ashila Faiza Azhari (kelas 3).

Ahmad Fikri raih emas dan Muhammad Ibadi Ilmi raih perak di ajang SIMOC 2017.

“Dari pihak sekolah senantiasa memfasilitasi minat bakat para siswa khususnya yang mempunyai kemampuan di bidang matematika dan IPA dengan menugaskan seorang pembina khusus untuk membimbing para siswa tersebut, yakni Muhammad Ikhsan, S.Pd yang oleh disdik provinsi Kepri ditunjuk sebagai pembimbing peserta OSN provinsi Kepri, sehingga potensi mereka bisa dimaksimalkan, pembinaan tersebut dilakukan selama 2 tahun sebelumnya, kedepannya sudah ada bibit baru untuk ikut ajang OSN dan Singapore Olympiade yakni Ashila, dan masih dalam pembinaan lebih banyak bibit baru dari kelas 2-5, yang sudah dipersiapkan ada 4 siswa,” jelas kepsek SD Muhammadiyah Plus Batam, Aden Yusuf Maulana, S.Pd, S.TH,i kepada Hangtuah Pos, selasa (24/7/17).

Ikhsan menimpali pembinaan selama ini diberikan seminggu sekali hingga 2 kali, bahkan sampai mendatangi rumah siswa tersebut.

“Menjelang perlombaan, pembinaan khusus dilakukan secara individu, pembibitan ditunjuk hanya 4-5 siswa, karena ajang ini bukan ajang main-main dan memerlukan persiapan yang matang, saya memiliki metode dan konsep tersendiri untuk melatih siswa saya,” ulas Ikhsan.

Untuk OSN 2018, Ikhsan menginformasikan akan dilaksanakan di padang bukittinggi.” untuk teknis pelaksanaannya kita juga menunggu informasi selanjutnya dari pusat”, ujarnya. (dian)

Ketika diumumkan siswa SD Muhammadiyah Plus Batam, Ahmad Fikri dan Muhammad Ibadi Ilmi raih juara di ajang SIMOC 2017.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *