Home / Pendidikan / Rasio Jumlah Siswa per-Kelas Berdampak Pada Ketidakmaksimalan Hasil US
Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam.

Rasio Jumlah Siswa per-Kelas Berdampak Pada Ketidakmaksimalan Hasil US

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dari tahun ke tahun, hasil UN dan US sekolah swasta selalu mampu menembus peringkat nilai terbaik se-provinsi. Berbicara dalam hal ini untuk wilayah Batam dan Kepri, sekolah negeri harus puas menempati ranking nilai terbaik sebatas kota saja. Bahkan di tahun ajaran 2016/2017 inipun sekolah swasta masih menunjukkan taringnya mampu menembus peringkat nilai terbaik untuk UN dan US tingkat provinsi Kepri.

Hal ini dikatakan kadisdik kota Batam, Muslim Bidin kepada Hangtuah pos sabtu (17/6/17), ketidakmaksimalan hasil US dipengaruhi dari proses input output, yakni ketidak selektifan dalam penerimaan siswa baru, tidak memperhatikan rasio per kelas, terlalu banyaknya siswa dalam per kelas dari semua tingkatan sekolah, baik SD hingga SMA/SMK dan itu terjadi 4 tahun terakhir di batam dari pantauannya.

“Kita tidak bisa memaksakan per kelas menampung hingga 40-45 siswa, bagaimana siswa bisa menerima apa yang disampaikan para guru bila dalam kelas mereka tidak nyaman, hal itu pertama, berpengaruh pada daya tangkap siswa, yang kedua juga berpengaruh pada proses belajar mengajar para guru, tidak mungkin guru mampu mengajar per kelas hingga sekian puluh orang, sehingga ditekankan per kelas harus hanya berisi 32 siswa maksimal,” tegas Muslim.

Dalam hal ini Muslim menghimbau agar dalam hal ini pihak masyarakat betul-betul komit mematuhi permendikbud yang ada dalam hal penerimaan siswa baru.

“Bila sudah tahu nilai anaknya tidak memenuhi standar yang ditentukan sekolah tertentu, janganlah memaksakan diri dengan memakai jasa orang-orang tertentu untuk memasukkan anaknya ke sekolah tersebut, saya juga berharap dari masyarakat mematuhi apa yang sudah ditetapkan permendikbud demi kualitas anak itu sendiri,” tutup Muslim. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *