Home / Pendidikan / Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Dinas Pendidikan Kota Batam 2016
Prof. Yohannes Surya saat memberikan motivasi kepada kepsek se-kota Batam dalam kegiatan Rakornis disdik kota Batam 2016

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Dinas Pendidikan Kota Batam 2016

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Permasalahan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran menjadi salah satu kepentingan utama dalam membangun kualitas pendidikan ke depan, dan faktor-faktor yang dapat menyumbang kualitas proses pembelajaran adalah satuan pendidikan/lingkungan, masyarakat dan infrastruktur.

Namun berdasarkan fakta dan data di lapangan menunjukkan bahwa terdapat 3 tantangan besar yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, yaitu krisis ekonomi global, mengatasi era globalisasi, dan sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah, perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian sistem pengolahan pendidikan nasional untuk mewujudkan proses pendidikan yang bermutu, lebih demokratis, memperhatikan keanekaragaman kebutuhan/keadaan daerah peserta didik, serta mendorong partisipasi masyarakat.

Untuk itulah digelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi (Rakornis) Disdik kota Batam, yang dilaksanakan selama 3 hari, 21-23 November 2016 di Crown Vista Hotel Batam, diikuti 330 orang peserta antara lain unsur dinas pendidikan kota Batam, kepala cabang disdik, pengawas, kepsek TK hingga SMA/SMK se-kota Batam.

Rangkaian Rakornis, pemberian motivasi dan pengarahan kepada kepsek se-kota Batam dari para narasumber ahli, Dr. Nancy Susiana, MPd dan Prof. Yohannes Surya
Rangkaian Rakornis, pemberian motivasi dan pengarahan kepada kepsek se-kota Batam dari para narasumber ahli, Dr. Nancy Susiana, MPd dan Prof. Yohannes Surya

Hari pertama senin (21/11) Rakornis dibuka oleh Walikota Batam Rudi, SE, MM, dimana acara diisi pula dengan pengumuman sekolah yang mendapatkan nilai UN terbaik tahun ini. Hari kedua, diisi dengan pemberian motivasi dari 2 narasumber ahli, yakni Dr. Nancy Susiana, MPd dan Prof. Johannes Surya.

Ditemui Hangtuah Pos di sela Rakornis hari kedua selasa (22/11), Kadisdik kota Batam Muslim Bidin mengatakan bahwa setiap tahun rakornis untuk seluruh kepsek se-kota Batam ini rutin dilaksanakan untuk mengetahui kebutuhan sekolah yang dianggap tidak sesuai dengan disdik. “Rakornis ini dilaksanakan untuk memastikan kesesuaian kebutuhan sekolah, kebijakan dinas yang harus diterjemahkan oleh sekolah, sekolah bisa mengaplikasikannya hingga ke bawah (hingga ke masyarakat,red),” ucap Muslim.

Dan menyinggung masalah 58 pungli, muslim mengatakan akan mengundang kepolisian, kejaksaan, BPKP, dan pemerintah provinsi untuk membedah 58 pungli itu apa saja dan mana saja yang termasuk maupun yang bukan. “Untuk kapan jadwal membedahnya, akan dikonsultasikan dulu ke pak Rudi, kita juga tak tahu 58 pungli sumbernya darimana, yang jelas bukan dari dinas pendidikan, bahkan tim cyber dan disdik pun masih mencari sumber kabar 58 pungli itu darimana,” sanggah Muslim.

Ditanya mengenai Rakornis, Yohannes mengatakan dia akan memotivasi kepsek supaya melihat bahwa kita semua sedang membuat transformasi Indonesia menjadi negara yang lebih baik. “Tahun 2030 kita wujudkan Indonesia emas, dimana Indonesia sudah mandiri, sehat, makmur, dengan mempersiapkan SDM yang terbaik agar bisa bersaing dengan negara lain.

Acuan negara lain tersebut termasuk Amerika, Jepang, Singapura, dan motivasi ini tujuannya agar siswa memperhatikan pembelajaran tidak hanya menghafal, namun pembelajaran berbasis penelitian, misal untuk siswa SD, penelitian semut lebih tertarik kepada gula merah atau gula putih, SMP misal sabun apa busanya paling banyak, SMA misal efek musik dangdut untuk tanaman, dikomper dengan aliran musik yang lain mana tanaman yang bisa tumbuh lebih baik, untuk sumber-sumebr tambahan siswa bisa mencari dari berbagai media, cetak maupun browsing,” papar Yohannes.

Yohannes berharap ada guru mau berkorban untuk mengabdi di kawasan pulau/hinterland, baik pns maupun honorer. “Untuk memajukan SDM yang ada di hinterland, harus ada guru yang mau berkorban untuk mengabdi disana,” tutupnya. Dan hari ketiga rabu (23/11) penutup yang dilakukan kadisdik kota Batam Muslim Bidin. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *