Home / Serba-Serbi / Pollux Habibie International Gelar Operasi Katarak Gratis di Batam
Prof. DR. Ing B.J. Habibie saat memberikan sambutan di pembukaan baksos operasi katarak gratis 10.000 mata Pollux Habibie International di RS Budi Kemuliaan Batam kamis (27/4/17).

Pollux Habibie International Gelar Operasi Katarak Gratis di Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pollux Habibie International melalui Pollux Habibie Vision gelar operasi katarak 10.000 mata gratis, kamis (27/4/17) di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam.

Kegiatan ini merupakan wujud dari program Corporate Social Responsibility (CSR) “Sepuluh Ribu Mata” yakni program bantuan kesehatan yang bekerjasama dengan klinik mata dr. Hasri Ainun Habibie dan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Hadir dalam pembukaan, mantan presiden RI ke 3 Prof. DR. Ing B.J. Habibie, ketua dan pembina YKB Srie Soedarsono, ketua pelaksana program CSR Drs. Saraswati Chazanah, CEO Pollux Properties Nico Po, para dokter spesialis mata sekota Batam, Dinas Kesehatan Kota Batam, perwakilan Masjid Raya Batam, serta 54 pasien penerima donor katarak yang lolos screening untuk dioperasi.

Dalam sambutannya, Habibie mengucapkan terima kasih atas donor katarak yang diterima oleh pihak rumah sakit dr. Hasri Ainun untuk memenuhi kebutuhan katarak bagi mereka yang tak mampu untuk melakukan operasi. Dikatakannya jangan menganggap remeh atas ketidakmampuan melihat, karenanya produktifitas seseorang pun menjadi terbatas bagaimanapun pandainya seseorang tersebut. Mereka akan menjadi beban bagi orang lain. Bahkan ia pun menandatangani surat persetujuan kelak saat ia meninggal, ia akan mendonorkan matanya untuk nantinya bisa dimanfaatkan bagi yang membutuhkan.

“Daripada membusuk, lebih baik dimanfaatkan bagi yang membutuhkan,” ujar Habibie. Dikatakannya, donor 10.000 katarak mata tersebut bukan sebuah jumlah yang besar bagi 250 juta penderita katarak di seluruh Indonesia, sehingga ia menghimbau bagi siapapun untuk sadar membantu orang lain dengan mendonorkan bagian tubuh kita saat kita telah tiada sehingga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Adapun program inisiatif dari Pollux Habibie International ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk menjadikan masyarakat Indonesia lebih sehat. Dalam program ini, Pollux Habibie International dan Perdami memberikan total 10.000 operasi katarak gratis bagi masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses kesehatan.

Program ini telah memberikan 100 operasi katarak gratis yang dimulai dari provinsi Banten tepatnya di RS. Selaras, Cisauk, Tangerang Selatan. Dari 100 pendaftar, hanya 50 orang saja yang memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap operasi. Sedangkan di Jawa Barat, di klinik mata dr. Hasri Ainun Habibie, juga sama, hanya 50 pasien yang lolos screening operasi katarak. Untuk di Batam, dari 127 pendaftar, yang lolos screening sejumlah 54 pasien.

Usai sambutan, Habibie memberikan donor katarak secara simbolis kepada 2 pasien katarak, yang pertama, pasien katarak tertua berusia 129 tahun dari Kepri, dan yang kedua, pasien termuda berusia 37 tahun dari Batam, berikut pemberian plakat penghargaan kepada pihak-pihak yang mendukung suksesnya baksos operasi katarak gratis 10 ribu mata tersebut.

Untuk informasi, bagi pendaftar yang belum lolos screening di tahap pertama rencananya akan dimasukkan dalam program lanjutan yang akan dilaksanakan setelah idul fitri. (dian)

Rangkaian pembukaan baksos operasi katarak gratis 10.000 mata Pollux Habibie International, pemberian plakat penghargaan kepada pihak-pihak yang membantu suksesnya kegiatan operasi tersebut oleh Habibie, serta pemberian simbolik donor katarak kepada pasien katarak tertua 129 tahun dan termuda 37 tahun di Batam.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Pemkab Bintan Menargetkan Seluruh Desa Memiliki BU di 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Bintan – Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menargetkan seluruh desa memiliki Badan Usaha Milik Desa pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *