Home / Pendidikan / Piala Barupun Disabet Lagi Oleh Karimun di Ajang STQ VII Tingkat Provinsi Kepri 2017
Karimun kembali sabet juara umum di ajang STQ VII provinsi Kepri 2017, penyerahan piala bergilir diberikan oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun kepada bupati Karimun Aunur Rafiq.

Piala Barupun Disabet Lagi Oleh Karimun di Ajang STQ VII Tingkat Provinsi Kepri 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seolah tak rela jawara umum yang sudah berturut-turut 3 kali telah diraih, kembali Karimun merebut juara umum di ajang STQ VII tingkat provinsi Kepri 2017, yang dimulai hari jumat (5/5/17) hingga selasa (9/5/17), di alun-alun dataran Engku Putri Batam Centre.

Selama pelaksanaan STQ, hadir pada saat pembukaan dan penutupan, gubernur provinsi Kepri Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos, M. Si, walikota Batam Muhammad Rudi, SE, MM, Wakil walikota Batam Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si, sekda kota Batam Jefridin Hamid, kepala BP3KR Huzrin Hood, jajaran DPRD kota Batam dan Kepri, FKPD, OPD, kapolda, kapolres, ketua LAM Batam Dr. H. Nyat kadir, kakankemenag, MUI, serta peserta STQ VII provinsi Kepri.

Sebagai informasi, 3 tahun berturut-turut kabupaten Karimun menyabet juara umum STQ provinsi, dan di tahun 2017 ini kembali Karimun meraih juara umum. H. Tengku said Arif Fadilah, sekretaris LPTQ provinsi Kepri dalam laporannya mengatakan bahwa kini pendaftaran STQ dan MTQ bisa dilakukan secara online.

Rangkaian pembukaan STQ VII provinsi Kepri 2017.

“Ada delapan cabang perlombaan, yakni tilawah anak-anak, dan dewasa, tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, dan tafsir bahasa Arab, masing-masing putra-putri, rebana, dan qasidah. Jumlah peserta total 112 peserta dari tujuh kabupaten/kota di Kepri berpartisipasi pada STQ tingkat Kepri tahun ini. Jumlah anggota dewan hakim 55 orang dan mempertandingkan delapan cabang perlombaan, 12 diantaranya merupakan hakim dari tingkat nasional. Sebelumnya telah dilaksanakan Wisuda 1.020 hafiz hafizah, malam ta’aruf, pawai ta’aruf, pembukaan bazaar se-provinsi Kepri, tujuan pelaksanaan STQ ini yaitu untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan menepis nilai-nilai negatif terhadap generasi muda. Selain itu meningkatkan minat kaum Muslim untuk membaca, memahami dan mengamalkan Al-Quran. STQ ini juga sebagai persiapan qori dan qoriah dari Kepri untuk pelaksanaan MTQ nasional di Kalimantan Utara, tahun ini,” ungkap Arif.

Usai sambutan Arif, dilanjutkan dengan pawai defile dari tujuh khafilah kabupaten/kota di Kepri, menyanyikan lagu Indonesia Raya, penampilan tarian kolosal hingga pengibaran bendera Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan menyanyikan mars MTQ.

Adapun Batam menurunkan 16 peserta. Wisuda 1.020 hafiz dan hafizah se-Kepri tersebut mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Pembukaan dilakukan dengan tabuh bedug oleh Nurdin Basirun serta penyerahan penghargaan MURI secara simbolis.

Dan pada penutupan STQ VII, Nurdin mengumumkan pelaksanaan STQ provinsi tahun depan akan digelar di kabupaten Bintan, sedangkan untuk MTQ dilaksanakan di Lingga. Ia juga mengharapkan STQ tidak hanya dijadikan sebagai ajang lomba semata. Tapi juga sebagai acara silaturahmi akbar masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan.

Nurdin juga memberikan apresiasi kepada panitia STQ yang telah menyukseskan acara tahunan tersebut sekaligus mengajak seluruh bupati/wali kota se-Kepri untuk terus berbenah dan melakukan pembinaan kepada peserta dan seluruh anak-anak di Kepri. Dengan begitu, Kepri akan memiliki banyak penghafal Al Qur’an.

“Begitu juga untuk yang menjadi peserta terbaik, harus terus meningkatkan kemampuannya. Jangan sampai berhenti dan puas di sini saja,” imbuh Nurdin.

Adapun Kabupaten Karimun dalam ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VII Kepri dengan total nilai sebanyak 55 poin. Peringkat kedua diraih oleh Kota Tanjungpinang dengan jumlah nilai 26 poin. Kota Batam sebagai tuan rumah hanya mampu keluar sebagai peringkat tiga dengan jumlah nilai 22 poin. Disusul oleh Kabupaten Bintan dengan jumlah nilai 20 poin dan Kabupaten Lingga 15 poin. Selanjutnya peringkat keenam ditempati Kabupaten Natuna dengan jumlah nilai 6 poin dan terakhir Kabupaten Kepulauan Anambas dengan nilai 0. Penutupan STQ dilakukan dengan penurunan bendera MTQ, penekanan sirene oleh Gubernur, penyerahan piala bergilir kepada bupati karimun H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si, dan foto bersama. (dian)

Rangkaian penutupan STQ VII provinsi Kepri 2017.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *