Home / Pendidikan / Pesantren Ramadhan 1438 H Sekolah Muhammadiyah Plus
Suasana pesantren ramadhan 1438 H sekolah Muhammadiyah Plus Batam.

Pesantren Ramadhan 1438 H Sekolah Muhammadiyah Plus

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka memaknai momen Ramadhan 1438 H, sekolah Muhammadiyah Plus Batam gelar Pesantren Ramadhan, untuk SD diikuti siswa kelas 1 – 5 sebanyak 685 orang dan berlangsung selama 2 hari, rabu (7/6/17) dan kamis (8/6/17), sedangkan SMP dilaksanakan 3 hari, yakni mulai hari selasa (6/6/17) hingga kamis (8/6/17), diikuti siswa kelas VII sebanyak 60 siswa dan kelas VIII sebanyak 54 siswa.

Kegiatan pesantren tersebut tahun ini tidak menginap di sekolah, sehingga untuk pembimbing agama adalah dari intern sekolah.

Untuk SD kelas 1 dan 2, hari pertama diisi dengan rangkaian kegiatan shalat dhuha dan tadarus pendek, fiqih puasa, mewarnai sketsa ramadhan, dan hari kedua seperti hari pertama ditambah dengan menonton kisah teladan para Nabi dan membuat celengan Qurban.

Untuk kelas 3 – 5 jadwal kegiatan sama dengan adik-adik kelasnya, hanya ditambah dengan pembacaan doa harian.

Untuk SMP, kegiatan diisi dengan shalat dhuha, tadarus, pemberian materi tuntunan shiyam, pemutaran video, pemberian materi tuntunan shalat, pembuatan celengan Qurban, perlombaan tilawah dan cerdas cermat, dan ditutup dengan pembagian reward pemenang lomba.

Kepada pers, kepsek SMP Muhammadiyah plus Ani Hidayatin, S. Pdi, MM mengatakan alasan diadakannya pesantren Ramadhan lebih lama dari yang SD, supaya kegiatannya lebih banyak dalam rangka mengisi libur sekolah siswa.

Rangkaian pesantren ramadhan 1438 H sekolah Muhammadiyah Plus Batam, dan pemberian reward bagi pemenang cerdas cermat dan tilawah SMP Muhammadiyah Plus yang diberikan langsung oleh kepsek SMP Muhammadiyah Plus, Ani Hidayatin, S.Pd, MM.
Kepsek SD Muhammadiyah Plus Aden Yusuf Maulana, S.Pd, S.THi.

“Tujuannya waktu anak-anak akan digunakan untuk hal yang bermanfaat di bulan suci ramadhan. Lomba-lombanya untuk memotivasi saja, alhamdulillah anak-anak cukup antusias karena kami beri reward bagi yang terbaik berupa piagam dan souvenir. Harapannya dengan pesantren ini keimanan dan ketaqwaan siswa semakin bertambah, siswa bisa lebih menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan waktu untuk main game ataupun gadget,” ulas Ani.

Tak lupa Kepsek SD Muhammadiyah Plus, Aden Yusuf Maulana, S.Pd, S. THi, menyampaikan harapannya dengan pesantren ramadhan akan menambah wawasan keislaman siswa baik dari sejarah islam, mengenal sosok tauladan islam, tata ibadah puasa dan sebagainya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *