Home / Pendidikan / Perkemahan Lomba Tingkat II ke 4 Tahun 2017 Kwarran Sekupang Batam
Pengalungan tanda peserta perkemahan LT II Kwarran 03.03 Sekupang oleh Dispora Mohammad Sodikin jumat (3/3) lalu

Perkemahan Lomba Tingkat II ke 4 Tahun 2017 Kwarran Sekupang Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Untuk yang ke 4 kalinya, kwarran 03.03 Sekupang Batam menggelar perkemahan Lomba Tingkat II (LT II) tahun 2017, kali ini bertempat di bumi perkemahan Iskandar Muda Sekupang, selama 3 hari, jumat (3/3) hingga minggu (5/3).

Adapun kegiatan tersebut dibuka hari jumat (3/3) pukul 09.00, dipimpin oleh kakwarran 03.03. Sekupang Yubahar Yakub, dihadiri oleh Koramil Sekupang Samsul, Dispora Mohammad Sodikin, M.Pd, pengurus kwarran sekupang Jernih Siregar, ketua yayasan Iskandar Muda Drs. Mukhtarudin, wakil lurah Sekupang (Mabiran) Ida, andalan kwarran Sekupang Nuzulul Quranini (bunda Iin), pengawas LT II Kwarran Sekupang Mukti, ketua OC LT 2 Anang Rifai serta jajaran kwarran 03.03 Sekupang.

Seremonial pembukaan perkemahan LT II ke 4 kwarran Sekupang

Kegiatan tersebut diikuti oleh 460 orang peserta penggalang SD dan SMP, terdiri dari 20 lomba, antara lain PUPK, semaphore, morse, sandi, PBB tongkat dan standar, KIM, hasta karya, IMPK, menaksir, pionering, tali temali, P3K, memasak, tapak tenda, pidato, poster, yel-yel, mendirikan tenda, sketsa panorama, dan pentas seni.

Dalam kesempatan sambutannya, ketua yayasan Drs. Mukhtarudin mengucapkan terima kasih atas kerjasama panitia hingga pelaksanaan LT II bisa berjalan lancar, serta berharap agar dalam lomba, peserta bisa melaksanakan lomba sebaik-baiknya dan mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya juga.

Usai sambutan, diteruskan dengan pengalungan tanda peserta perkemahan LT II oleh Mohammad Sodikin dan Jernih Siregar kepada 2 orang wakil peserta sebagai tanda perkemahan LT II Kwarran Sekupang dibuka. Lalu seremonial diisi dengan persembahan tari kreasi siswa SMP Iskandar Muda, ditutup dengan foto bersama.

Foto bersama jajaran pengurus kwarran 03.03. Sekupang

Dalam jumpa pers, Yubahar Yakub mengatakan bahwa kegiatan LT II tahun 2017 ini merupakan kegiatan LT II yang ke 4, dimana lomba seleksi dari LT II (tingkat kwarran) nantinya akan menuju ke LT III dan IV. “Hasil dari LT II akan dikirim ke LT III (tingkat kwarcab), selanjutnya di seleksi kembali dan akan dikirim ke LT IV (tingkat kwarda), saya mengharapkan semua peserta mempersiapkan fisik juga pikiran untuk melaksanakan lomba dengan baik,” pungkasnya.

Baca Juga  Scout Day Kwarran Batam Kota V Berlangsung Meriah

Mohammad Sodikin pun mengatakan motivasi Dispora mendukung kegiatan LT II Kwarran Sekupang adalah pramuka merupakan salah satu kegiatan pembinaan kepemudaan yang merupakan cikal bakal pemuda dibina dari usia dini untuk belajar mandiri.

“Adapun di dispora ada 3 kabid, salah satunya adalah kabid pemuda, di dalamnya ada kasi juga ada 3, salah satunya adalah lembaga kemitraan kepramukaan, kebetulan saya adalah bagian kasi tersebut, dan rangkaiannya sangat erat sekali, kegiatan ini meupakan kegiatan dari ranting dan cabang, mereka adalah mitra kita, dispora, sehingga apapun ada kegiatan pramuka, dispora akan siap mensuport, kedepannya dispora bisa menganggarkan kegiatan pramuka baik dewasa maupun peserta didik, untuk tahun ini kami menyiapkan anggaran untuk kursus pembina pramuka mahir lanjutan khusus penggalang, di bulan maret tanggal 20 hingga 25 ini juga akan kami laksanakan, kami bekerjasama dengan kwarcab Batam dan akan digelar di buper Raja Ali Kelana, pelatihnya 2 orang dari tingkat nasional, sisanya dari pembina kwarcab, sekaligus menyiapkan pula kontingen peserta Remuna yang akan dikirim ke Jakarta melalui kerjasama dengan kwarcab dan kwarda, seleksinya di dispora tanggal 18 dan 19 maret,” ulasnya.

Tari kreasi dan api unggun LT II Kwarran Sekupang

Adapun Mukti juga menjelaskan bahwa sebanyak 250 piala telah didapatkan untuk penghargaan para pemenang, yang merupakan sumbangan dari para donatur untuk kegiatan LT II Kwarran Sekupang. “Kami sangat berterima kasih atas begitu besar dukungan para donatur dengan kegiatan ini, mudah-mudahan sukses dan lancar,” tandas Mukti.

Sabtu (4/3) digelar api unggun pada pukul 21.00 dipimipin langsung oleh Yubahar Yakub sebagai tanda penutupan perkemahan LT II kwarran 03.03 Sekupang, disusul dengan lanjutan kegiatan yang dilombakan di LT II. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *