Home / Pendidikan / Pengarahan Rudi di Kegiatan Workshop Pendataan dan PPDB Online Tahun 2017/2018
Rudi memberikan pengarahan terkait PPDB kepada kepsek SD SMP sekota Batam.

Pengarahan Rudi di Kegiatan Workshop Pendataan dan PPDB Online Tahun 2017/2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka persiapan PPDB Tahun 2017/2018, dinas pendidikan kota Batam gelar workshop pendataan dan PPDB online TA 2017/2018 di Crown Vista Hotel, selasa (16/5/17), pukul 09.00 – 17.00.

Dihadiri kabid pembinaan SMP, Drs. Hernowo, kasi kurikulum dan penilaian SMP, Sularno, para operator dapodik SD SMP sekota Batam, dengan narasumber Danu Saputra.

Kepada pers, Hernowo mengatakan teknisnya, sekolah swasta dilibatkan dalam hal ini agar semua SD SMP terdata jumlah calon siswanya di sistem PPDB kota Batam.

“Kita terus melakukan perbaikan berkelanjutan, diupayakan bila nanti di sekolah negeri mengalami kelonjakan siswa, masyarakat mengetahui ke sekolah swasta mana yang bisa dituju, selama ini swasta banyak yang belum terdata,” kata Hernowo.

Untuk SD pendataan siswa menggunakan data dari dinas kependudukan dan data pokok pendidikan paud/TK.

“Input nik, data anak sudah muncul selagi terdata di disduk Batam. Bagi pendatang, pendaftar SMP diminta langsung ke dinas, kalau SD langsung mendaftar ke sekolah masing-masing. Kita akan menggunakan Aplikasi PPDB online bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mendaftarkan putra putrinya, aplikasi segera akan diupayakan di play store, dan tanggal 5 juni sudah mulai aktif, ” ulas Hernowo.

Diberitahukannya, bahwa pendaftaran PPDB, sekolah unggulan adalah tanggal 5 – 7 juni 2017,dan sekolah reguler tanggal 3 juli – 5 juli 2017. Lanjut Hernowo, Tujuan pengadaan PPDB Online ini untuk memudahkan masyarakat dan meningkatkan pelayanan dalam hal pendaftaran siswa.

“Untuk aplikasi tersebut akan disosialisasikan ke masyarakat lewat media. Sekolah swasta untuk bisa registrasi PPDB online, syaratnya wajib membebaskan siswa miskin. Yang bina lingkungan, siswa berprestasi, dan siswa miskin harus mendaftarkan langsung ke sekolah,” tandas Hernowo.

Danu mengatakan bahwa sekolah yang akan melakukan PPDB hendaknya harus sudah teregistrasi dengan sistem online PPDB.

“Tujuan kegiatan workshop ini untuk mensosialisasikan PPDB Online yang akan di laksanakan bulan juni dan juli mendatang, operator yang kumpul disini kita sosialisasikan dan kita bimbing tata cara proses pendaftaran hingga hasilnya. Programnya PPDB Online kota batam, tahun ini merupakan revolusioner nya dalam hal PPDB, dimana sekarang ini ada aplikasi androidnya yang bisa di download para orangtua lewat handphone nya, baik mendaftar maupun segala informasi tentang PPDB ada di aplikasi tersebut,” jelas Danu.

Danu Saputra (tengah) saat memberikan pengarahan tata cara registrasi PPDB Online kepada para operator dapodik SD SMP sekota Batam.

Dikatakannya revolusioner karena tahun ini sekolah swasta pun dilibatkan untuk ikut sistem PPDB online demi menjaring siswa.

“Swasta nampaknya antusias mengikuti kegiatan ini, karena meskipun data PPDB mereka lebih awal, namun dengan masuk sistem program ini, mereka bisa input data calon siswa selanjutnya,” ujar Danu.

Bagi pihak swasta, bila mereka enggan mengikuti sistem online tersebut dikatakan Danu akan mengalami kerugian.

“Sistem ini gratis, soal syarat pembebasan siswa miskin bagi swasta, itu kami tak mau intervensi, itu bukan urusan kami lagi, yang jelas sistem ini gratis, dan dipakai seluruh kota Batam, swasta yang ikut sistem ini pasti akan dilihat sebagai sekolah swasta elit yang PPDB nya saja sudah berbasis mobile dan online, mereka tak mau memakai sistem ini juga tak ada paksaan. Keuntungan bagi swasta, selama ini swasta tak tahu berapa jumlah limpahan siswa dari sekolah negeri, sehingga dengan sistem ini, mereka mengetahui berapa jumlah siswa limpahan tersebut dan mereka punya kesempatan mempromokan sekolahnya dan menjaring siswa lebih banyak,” ulasnya.

Rangkaian kegiatan workshop pendataan PPDB Online.

Salah satu operator dapodik dari SDN 020 Sagulung Zahrin Rahmat mengaku senang dengan adanya sistem PPDB online.

Zahrin Rahmat.

“Dengan sistem ini bisa mempermudah sekolah mendapatkan siswa, mempermudah orang tua mendaftarkan putra putrinya, dan polemik kisruh pendaftaran siswa sebelumnya mudah-mudahan bisa diminimalisir dengan adanya sistem online ini,” ujarnya.

Di penutupan workshop PPDB online, pukul 16.00, hadir walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM, wakil walikota Batam Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, kadisdik kota Batam Muslim Bidin, kabid dikdas kota Batam Vadilifa, serta jajaran dinas yang lain. Dalam penutupan tersebut, Rudi memberikan pengarahan terkait PPDB yang akan dilaksanakan tahun 2017/2018 kepada kepsek SD SMP sekota Batam.

Dalam sambutannya, Muslim meminta petunjuk kepada walikota seputar seragam. Selanjutnya, Rudi mengarahkan bagaimana supaya kepsek tak berhubungan dengan hukum saat menjalankan tugas terutama masalah PPDB yang nanti kedepannya timbul lagi permasalahan titip menitip siswa dengan embel-embel suap.

“Saya mendapat pesan dari kapolda untuk disampaikan kepada para bapak ibu kepsek bahwa kapolda bekerjasama dengan tim saber pungli dan KPK telah mengeluarkan SK PENANGKAPAN yang sudah disetujui dan ditandatangani oleh saya sekiranya diketahui ada pihak-pihak sekolah yang berani mengambil uang suap saat PPDB terutama kepsek. Penandatanganan SK tersebut di depan gubernur, BPK, bupati/walikota dan kajati, bahwa nanti per tanggal 1 januari 2018 segala bentuk pembayaran akan diberlakukan secara elektronik, termasuk pembagian gaji guru, perjalanan dinas dan sebagainya. Disdik hanya akan menandatangani ampra kepada kepala BPKAD,” tegas Rudi.

Rangkaian kegiatan workshop pendataan PPDB Online.

Ia mengatakan Batam dalam pantauan KPK termasuk kota terbaik dalam membelanjakan APBD. Saat ini dikatakan Rudi, jumlah anggaran APBD sebesar 1.105 trilyun, dan sebetulnya bisa meningkat hingga 1.5 – 2 trilyun apabila masyarakat secara sadar diri dan ikhlas membayar dan mengelola pajak.

Rudi menegaskan segala bentuk aturan yang telah dibuat harus dipatuhi oleh seluruh pihak termasuk kepsek. Ia memuji kota Surabaya yang sistem pengelolaan keuangannya bagus selain Bandung.

Ia meminta kesiapan seluruh kepsek yang juga ia lakukan kepada para stafnya di pemerintah kota agar disiplin tak menerima suap, dan bila masih ada yang melakukannya akan langsung berhadapan dengan hukum.

Selanjutnya Rudi melemparkan pilihan kepada para kepsek mana yang lebih didahulukan nantinya saat PPDB, mendahulukan 20% bina lingkungan atau online, atau sebaliknya. Selanjutnya ia meminta kadisdik untuk merapatkan hal ini. Rudi juga dengan tegas melarang pemberlakuan pungutan seragam sekolah, karena itu juga termasuk pungli dan berurusan dengan hukum. Rudi menegaskan agar diupayakan bisa disatukan harga untuk penyediaan seragam yang terpusat pada satu pengelola saja.

Mengenai pelajaran bahasa Inggris, Rudi ingin menerapkan wajib bisa berbahasa Inggris bagi siswa, mulai tamat SMA, siswa sudah bisa berkiprah di tingkat internasional. Serta mengumumkan pencanangan tanam sejuta pohon ketapang kencana sekota Batam, Rudi berpesan tak boleh dibebankan kepada siswa.

Terakhir, kepada pers Muslim menyampaikan disdik kota Batam akan segera merapatkan masalah 20% tersebut dan akan disampaikan segera kepada masyarakat.

“Kita nanti akan membuka juga sekolah unggulan lagi yakni SMPN 26 Batam, sehingga tahun ini sekolah unggulan ada 3, yakni SMPN 3, SMPN 6 dan SMPN 26. Nilai yang diterima minimal 8.3 dan akan kami kaji ulang lagi. Dan kedepannya memungkinkan juga sekolah unggulan dari pihak swasta yang sekiranya dinilai memiliki potensi dan bagus nilai jualnya. Perlakuan khusus untuk siswa di tempat-tempat pembuangan akhir dan semacamnya akan dilihat dari prioritas usia. Selanjutnya akan didata per kelurahan 20% warganya yang tak mampu tersebut, kalau SMP akan di grade lewat NEM nya,” ulas Muslim. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *