Home / Pendidikan / Pelatihan TO Sekolah Online MTsN Batam Dengan Si Cerdas
Sumiyarsih, M.Sc, kepsek MTsN Batam

Pelatihan TO Sekolah Online MTsN Batam Dengan Si Cerdas

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Demi mempersiapkan siswa kelas IX nya untuk melek IT pada pengerjaan UN, MTsN Batam menggelar pelatihan TryOut (TO) online yang berlangsung selama 4 hari dimulai Senin (13/2) sampai dengan jumat (17/2), (minus rabu (15/2), dengan mengusung program si cerdas online karya Danu Saputra, S.Si.

Dalam pelatihan tersebut, sebanyak 224 orang siswa mengikuti, sehingga TO dibagi menjadi 5 sesi, yakni mulai pkl 07.00 – 17.45 setiap harinya secara bergiliran, yang diisi per ruang kelas labor sebanyak 45 orang siswa, dengan durasi TO masing-masing 2 jam dan mengujikan mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.

Selama TO berlangsung diawasi oleh 2 orang guru, yaitu Titin, waka kurikulum MTsN Batam dan Muhrizul, serta diawasi pula oleh operator si Cerdas, Fitri dan Ikaz.

Kepada Hangtuah Pos, Titin mengatakan bahwa menggunakan program si cerdas baru dilakukan pada semester gasal tahun 2017. “Tahun lalu masih menggunakan manual, sebelum TO sekolah hari ini digelar, siswa sudah lebih dulu uji coba hari jumat (10/2). Dalam trial pun alhamdulillah siswa sudah cepat menguasai program si cerdas, TO kecamatan nanti dilaksanakan tanggal 27 februari dan akan dilakukan secara manual, UN masih manual, namun sebagai persiapan untuk siswa agar melek IT, ” ulas Titin.

Pelaksanaan TO Online di MTsN Batam

Menambahi uraian Titin, Sumiyarsih, M.Sc, kepsek MTsN Batam menjelaskan bahwa motivasinya menggunakan si cerdas untuk pelatihan TO sekolah saat itu atas dasar dituntut siswanya agar melek IT. “Si cerdas sendiri digunakan untuk mengerjakan rapor di sekolah, daftar nilai ulangan langsung bisa di input, jadi melihat keoptimalan si cerdas dalam hal pengabsenan, pengisian rapor, maka saya termotivasi sistem TO pun dibuat untuk online juga, karena sistem penilaian otomatis muncul, siswa pun dituntut bisa IT, di pengerjaan online seperti ini otomatis siswa lebih jujur, efisien waktu, untuk fasilitas PC, sekolah masih memiliki sejumlah 27 unit, sehingga untuk tahun ini pengerjaan UN nantinya masih manual karena minimnya fasilitas kami, nanti menunggu anggaran dari KPPN untuk perlengkapan fasilitas. Tahun depan insya Allah rencana akan menggelar UNBK, dengan akan menambah unit yang kurang,” tutùpnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *