Home / Pendidikan / Pelantikan Pramuka Garuda Kwarran Batam Kota
Pramuka Garuda SDN 06 Batam Kota bersama kamabigus Kak Dahlius dan sekretaris kwarran Batam Kota kak Sofyan Edi

Pelantikan Pramuka Garuda Kwarran Batam Kota

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Praja Muda Karana (pramuka) saat ini menjadi satu komunitas yang menjadi favorit bagi semua kalangan, baik muda maupun tua, karena selain sekarang diwajibkan dalam dunia pendidikan, didalamnya sarat dengan aktifitas yang menunjang kreatifitas semua kalangan yang menggembirakan dan beraneka ragam.

Dalam kepramukaan sendiri terdapat banyak ragam penghargaan apabila mampu menguasai satu bidang yang disyaratkan dalam pramuka, salah satunya prestasi yang diberikan oleh kepramukaan pada anggotanya adalah adanya pelantikan Pramuka Garuda.

Kwarran Batam Kota kembali menggelar pelantikan pramuka Garuda kepada 37 anggotanya dari mulai tingkat SD (siaga) hingga SMA (penegak), minggu (30/10) di SDN 06 Batam Kota, yang dihadiri oleh kapusdiklakcab kak Haji Asmili, pengurus kwarcab Batam Kota kak Catur, kamabigus SDN 01 Batam Kota kak Yendri Sarman, kamabigus SDN 06 Batam Kota kak Dahlius, kapolsek Batam Kota diwakili oleh Babinsa Batam kota, ketua kwarran Batam Kota kak Agusman S.Kom, serta wakil ketua kwarcab Batam Kota kak Haji Amril yang bertugas melantik para Pramuka Garuda.

Pramuka Garuda SDN 01 Batam Kota bersama kamabigus kak Yendri Sarman
Pramuka Garuda SDN 01 Batam Kota bersama kamabigus kak Yendri Sarman

37 anggota yang dilantik tersebut antara lain dari SDN 01 Batam Kota 2 orang, SDN 03 Batam Kota 1 orang, SDN 06 Batam Kota 8 orang, 5 orang dari SMPN 10, 7 orang dari SMPN 42, 9 orang dari SMPN 28, 7 orang dari SMPN 43, 2 orang dari SMAN 3, dan dari SMP IT Nabila 1 orang.

Dikonfirmasi Hangtuah Pos selasa (1/11), Sofyan Edi, SPd, sekretaris kwarran Batam Kota mengatakan Pramuka Garuda merupakan jabatan tertinggi di kepramukaan. “Seleksi pramuka garuda ini sendiri diadakan setiap tahun, ada yudisium (ujian) terlebih dulu, baik materi maupun praktek di lapangan, juri dari luar Batam Kota, paling cepat seleksi ini diadakan 3 bulan sekali, yang kali ini 6 bulan di momen sumpah pemuda,” ungkap Sofyan.

Baca Juga  Perkemahan Lomba Tingkat II ke 4 Tahun 2017 Kwarran Sekupang Batam

Lanjutnya, Pramuka Garuda merupakan kebanggaan bagi anak-anak anggota Pramuka. “Karena jabatan ini merupakan jabatan tertinggi di kepramukaan yang memperlihatkan bahwa dia sudah mahir, sudah memiliki kelengkapan kecakapan yang ada di kepramukaan, pramuka ada 3 tingkatan, yakni siaga, penggalang SMP, dan penegak SMA. Tugas mereka pramuka garuda menjadi teladan, memberi contoh, dan memimpin kepada anggota pramuka yang lain dan menjadi instruktur dalam pramuka,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan pelantikan Pramuka Garuda kwarran Batam Kota
Rangkaian kegiatan pelantikan Pramuka Garuda kwarran Batam Kota

Sofyan berharap, mereka yang sudah dilantik menjadi Pramuka Garuda tersebut bisa menjadi contoh yang baik bagi rekan-rekannya yang lain. “Berprestasi di bidang akademik, mengaplikasikannya kepada adik-adiknya, dan untuk yang SD bisa punya kesempatan untuk ikut jambore nasional, mudah-mudahan kedepannya akan banyak lagi yang dilantik menjadi pramuka garuda,” tutupnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *