Home / Pendidikan / Pelaksanaan UKG dan Kepsek se-Kota Batam 2017, Dua Sekolah Sempat Terkendala Pemadaman Listrik Bergilir
Suasana pelaksanaan UKG guru dan kepsek sekota Batam hari jumat (8/9/17) di SMPN 6 Batam.

Pelaksanaan UKG dan Kepsek se-Kota Batam 2017, Dua Sekolah Sempat Terkendala Pemadaman Listrik Bergilir

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) dan kepsek sekota Batam 2017 berjalan lancar sejak senin (4/9/17) hingga jumat (8/9/17). Adapun UKG dilaksanakan di 8 sekolah yaitu SMAN 1 Batam, SMKN 4 Batam, SMAN 8 Batam, SMKN 1 Batam, SMKN 5 Batam, SMAN 3 Batam, SMKN 2 Batam, dan SMPN 6 Batam.

Kepada Hangtuah Pos, jumat (8/9/17) Operator IT SMPN 6 Batam, Henri Kurniawan, S.Kom mengatakan untuk materi UKG tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pedagogik 30 %dan profesional 70 %. Dan peserta yang mengikuti UKG di SMPN 6 berjumlah 298 peserta, dibagi per ruang sebanyak 20 peserta dan dalam 3 sesi waktu, sesi 1 pukul 08.00 – 10.00, sesi 2 pukul 10.30 – 12.30, sesi 3 pukul 13. 0 – 15. 00. Dikatakan Henri per ruang ujian diawasi oleh pengawas disdik kota Batam, pengawas SMA tingkat propinsi, anggota LPMP, serta operator IT.

“Untuk UKG kali ini untuk kepsek bisa mengikuti ujian 2 kali, yakni ujian sebagai guru dan kepsek namun dilakukan di hari yang berbeda. Tiap soal mempunyai bobot nilai berbeda-beda, bila soal dinilai susah, skor untuk jawaban soal tersebut juga lebih besar, bila soal dinilai mudah, skor soal juga agak kecil, dan yang menilainya adalah sistem. Dari 100 soal terbagi dalam 10 modul, bila ada soal tak terjawab dalam sebuah modul tersebut, maka modul tersebut akan berwarna merah, dan itu yang akan diulang dalam pelatihan guru,” ulas Henri.

Hasil evaluasi UKG rata-rata, menurut pemantauan Henri antara 50 ke atas untuk sementara.

“Per modul nilai standar ketuntasannya tiap tahun akan mengalami kenaikan, sehingga bila tahun lalu soal modul yang terjawab berwarna hijau, maka belum tentu tahun ini akan hijau, karena mengalami kenaikan nilai standar ketuntasan, dan nilai tersebut akan langsung tampak pada layar monitor PC usai peserta menyelesaikan ujian,” imbuh Henri.

Untuk masalah listrik, lanjut Henri, di SMPN 6 Batam hingga hari terakhir pelaksanaan UKG lancar tidak terkena pemadaman listrik bergilir.

“Di 2 sekolah lain ada kendala listrik mati yakni di SMKN 2 di hari kamis dan SMAN 8 di hari selasa, pemerintah kota Batam sudah mewanti-wanti agar jangan sampai ada pemadaman listrik saat UKG, namun pemadaman bergilir tetap terjadi,” ujar Henri.

Dan bagi yang absen, kata Henri lagi, hari sebelumnya masih bisa diikutkan di hari yang lain.

“Tapi paling terakhir hari ini (jumat 8/9/17-red) kalau tidak datang juga sampai hari ini, berarti menunggu jika ada ujian susulan dan hingga saat ini belum ada petunjuk untuk yang ujian susulan,” tutupnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *