Home / Pendidikan / Pelaksanaan Qurban SDN 001 Batam Kota dan SMK Kartini Batam
Distribusi hewan qurban SMK Kartini Batam kepada dinas kebersihan kota Batam, kepsek SMK Kartini Batam Drs. Mujiono berfoto bersama usai penyaluran hewan qurban.

Pelaksanaan Qurban SDN 001 Batam Kota dan SMK Kartini Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Hari raya Idul Adha 1438 H yang jatuh pada hari jumat (1/9/17) serempak diperingati umat islam sedunia dengan shalat ied dan menyembelih hewan qurban, baik itu berupa sapi maupun kambing. Hal serupa dilakukan oleh SDN 001 Batam Kota di hari sabtu (2/9/17).

Dikonfirmasi kepada kepsek SDN 001 Batam Kota, Yendri Sarman mengatakan tahun ini mereka berqurban 2 ekor sapi dan 6 ekor kambing, satu sapi diantaranya adalah donasi dari Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S. Sos, M. Si, dan selebihnya adalah swadaya dari para guru dan orang tua siswa. Adapun lanjut Yendri, hewan qurban tersebut dikemas menjadi 350 paket daging dan didistribusikan kepada anak yatim piatu dan orang tak mampu sekitar sekolah.

Distribusi hewan qurban kepada anak yatim dan orang tak mampu dari SDN 001 Batam Kota, kepsek SDN 001 Batam Kota Yendri sarman (pojok kiri) bersama para anak yatim penerima paket qurban.

“Jadi temanya kemarin pada siswa kami adalah konsep belajar Qurban, ‘Indahnya bisa berbagi’. Tujuannya adalah menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa kita seperti sikap saling berbagi sesama teman, sikap peduli dan rasa syukur atas nikmat Allah yang di berikan serta mengharapkan ridho-Nya,” ulas Yendri.

Sedangkan di SMK Kartini Batam melaksanakan penyembelihan hewan qurban di hari senin (4/9/17) sebanyak 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Adapun dikonfirmasikan hal ini oleh pembina kerohanian islam dan kepala kesiswaan Triwanto, bahwa tahun ini SMK Kartini Batam mengalami peningkatan dalam intensitas hewan qurbannya.

“Untuk tahun lalu kita dapat 10 ekor kambing tanpa sapi, alhamdulilah tahun ini kita dapat 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing swadaya dari kepsek, guru serta orang tua siswa, dikemas menjadi 150 paket daging qurban dan disalurkan ke dinas kebersihan kota batam dan daerah sekitar SMK Kartini,” ulas Triwanto.

Terakhir, kepsek SMK Kartini Batam, Drs. Mujiono menyampaikan kedepannya berharap siswa bisa lebih memiliki rasa solidaritas, jiwa sosial yang tinggi, ikhlas berkorban dan beramal untuk sesama.

“Untuk hewan qurban kedepannya selain jumlahnya meningkat namun juga lebih banyak tersalur kepada orang-orang yang memang sepantasnya untuk mendapatkannya,” pungkas Mujiono. (dian) 

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *