Home / Pendidikan / Pelaksanaan Idul Adha Sekolah Muhammadiyah Plus Batam
7 panitia qurban sekolah Muhammadiyah Plus Batam termasuk kepsek SD Muhammadiyah Plus Batam Aden Yusuf Maulana, S. Thi, S. Pd (tengah) di peringatan Idul Adha 1438 H.

Pelaksanaan Idul Adha Sekolah Muhammadiyah Plus Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H jatuh hari jumat (1/9/17) dan seluruh umat muslim rayakan Idul Adha dengan shalat ied berjamaah dan pemotongan hewan qurban. Hal ini juga dilakukan oleh sekolah Muhammadiyah Plus Batam dan keluarga besar Muhammadiyah Batam dengan menggelar shalat ied berjamaah di lapangan Tumenggung Abdul Jamal, dengan penyelenggara dari Tapak Suci Muhammadiyah Batam, dipimpin oleh Imam Rosyid, ketua pimpinan cabang Muhammadiyah Sei Beduk, dengan khotib Dr. Ir. Chablulloh Wibisono, MM.

Suasana shalat ied berjamaah keluarga besar Muhammadiyah Batam di lapangan Tumenggung Abdul Jamal Batam jumat (1/9/17).

Inti dari khutbah shalat ied tersebut adalah bahwa segala potensi kehidupan harus diaplikasikan kepada ketakwaan kepada Allah SWT.

Prosesi pemotongan hewan qurban sendiri dilaksanakan sabtu (2/9/17) di halaman sekolah Muhammadiyah Plus Batam, dengan kepanitiaan berjumlah 7 orang guru.

Suasana pemotongan hewan qurban sekolah Muhammadiyah Plus Batam sabtu (2/9/17) serta foto ketua panitia pelaksanaan qurban Asnur dan Akmal (tengah), komite sekolah, siswa dan guru.

Kepada Hangtuah Pos, Asnur dan Akmal selaku ketua panitia qurban SD Muhammadiyah Plus mengatakan jumlah hewan qurban sekolah Muhammadiyah Plus tahun ini berjumlah sapi 3 ekor dan kambing 26 ekor, 1 sapi dari wali murid SD Muhammadiyah Plus, 1 sapi dari SMP Muhammadiyah Plus, 1 sapi lagi gabungan dari beberapa kelas siswa SD Muhammadiyah Plus, kambing dari 6 pengkurban pribadi, dan juga dari siswa SD Muhammadiyah Plus.

Adapun paket hewan qurban, kata Asnur didistribusikan kepada 73 guru dan karyawan, kupon sebanyak 60 untuk warga sekitar KDA, komite sekolah 15 orang, pengurus Muhammadiyah 3 orang, pengawas SD Batam Kota Hj. Lis Indrijati, S.Pd, MM dan pengawas SD dari kemenag kota Batam Jasirwan, S. Ag, M.Pd, sekuriti dan RT-RW KDA sebanyak 26 paket, warga ruli sekitar SMAN 3 Batam 70 paket, TPA punggur 120 paket, pemotong qurban 15 paket, request dari pengkurban 43 paket, Ruli Dotamana, Pondok pesantren Assyahid Citra Batam, Ruli Piayu, dengan total 530 paket.

Untuk Idul Adha sekolah Muhammadiyah Plus Batam tahun ini mengalami kenaikan dari tahun lalu, berkat partisipasi dari intern sekolah dan komite sekolah. Asnur berharap agar kedepannya seluruh siswa dan guru SD SMP Muhammadiyah Plus hingga SMA/SMK Nizam Al Mulk termotivasi lagi untuk berkurban sehingga hasil kurban lebih meningkat lagi. Adapun Akmal menambahkan bahwa 1 kambing diinfaqkan ke mushola Rahmatullah Baloi Kolam Sei Panas Batam, 1 kambing lagi dari komite sekolah diserahkan kepada SD Muhammadiyah Kabil.

Terakhir, kepsek SD Muhammadiyah Plus Batam, Aden Yusuf Maulana, S. Thi, S. Pd mengatakan Qurban merupakan ungkapan rasa syukur kita atas segala nikmat yang di berikan oleh Allah SWT, dalam hal ini siswa di berikan pelajaran implementasi rasa syukur dalam kehidupan nyata lewat pembelajaran berqurban.

“Maka dari itu sejak dini siswa sudah bisa mengerti arti berqurban. Bukan hanya siswa akan tetapi juga para guru, komite dan umumnya seluruh warga sekolah Muhammadiyah Plus berlomba dalam kebaikan mengungkapkan rasa syukurnya lewat berqurban,” tutup Aden. (dian)

Pendistribusian hewan qurban dan kambing infaq sekolah Muhammadiyah Plus Batam kepada warga TPA Punggur, warga ruli SMAN 3 Batam, warga Ruli Dotamana, pondok pesantren Assyahid Citra Batam, Ruli Piayu, dan mushola Rahmatullah Baloi Kolam Sei Panas Batam.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *