Home / Pendidikan / Monitoring Sekolah Dasar Kecamatan Sei Beduk
Monitoring sekolah oleh Adam Alhat, pengawas sekolah kecamatan Sei Beduk di SDS Cyanita Playing Centre

Monitoring Sekolah Dasar Kecamatan Sei Beduk

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Bagi seorang pengawas sekolah, memeriksa segala kelengkapan dan manajemen sekolah binaannya sudah menjadi tugas rutinnya di sejumlah periode. Bahkan kini pengawas sekolah melakukannya dengan mendadak (sidak) dimaksudkan agar sekolah binaannya tersebut tetap siap sedia disiplin dalam hal penataan manajemennya.

Itu juga yang dilakukan oleh H. Adam Alhat, pengawas sekolah kecamatan Sei Beduk, dimana sekolah binaannya terdiri dari 31 sekolah, 9 negeri, 22 swasta, khusus untuk SD wilayah 1 dan 2 kecamatan Sei Beduk.

Ditemui Hangtuah Pos, Jumat (9/12) saat sidak ke SDS CPC (Cyanita Playing Centre), Adam menjelaskan bahwa jadwal pemeriksaannya hari itu terdiri dari 3 sekolah, yaitu SDN 06 Sei Beduk, SDS CPC dan SDS Apollos, dimana ia sedang memonitoring ujian semester ganjil yang sedang berlangsung saat itu, pemantauan soal ujian, lembar jawaban, dan kelengkapan kunci jawaban soal ujian.

“Sekolah binaan adalah sekolah yang ada didalam wilayah kerja suatu kecamatan, dan tugas pengawas sekolah adalah memberikan pembinaan kepada guru maupun kepsek, supervisi, kelengkapan guru yang harus dipersiapkan sebelum mengajar, memonitor bagaimana kepsek mengatur manajemen sekolahnya, dan ini dilaksanakan tiap bulan, tri wulan, semester dan tahunan, dan laporan kepengawasan di Sei Beduk seperti misal kekurangan alat peraga, matematika, ipa, sejauh pemantauan saya manajemen kepsek sudah bagus, alat peraga sudah cukup lengkap, sekolah yang hasil akreditasinya bagus tahun ini, antara lain untuk negeri, SDN 01, 07, 05, 06, untuk swasta, SDIT Ath Thauriq dan SDS Nur Hidayah dengan hasil akreditasi A. Dan kamis (8/12) kemarin, saya mengunjungi SDIT Al Mujahidin, SDN 07, SDIT Ummul Qhurro, dan SDS Nur Hidayah,” ulas Adam.

Rangkaian monitoring sekolah kecamatan Sei Beduk oleh pengawas Adam Alhat ke SDN 07 Sei Beduk dan SDS CPC dalam hal pengawasan UAS berikut di SDS CPC
Rangkaian monitoring sekolah kecamatan Sei Beduk oleh pengawas Adam Alhat ke SDN 07 Sei Beduk dan SDS CPC dalam hal pengawasan UAS berikut di SDS CPC

Lanjutnya, UAS SD dilaksanakan senin (5/12) – sabtu (10/12), pembagian rapor 17/12, selain mengawasi kegiatan ujian semester ganjil, ia juga memeriksa administrasi sekolah. “Itu dilihat dari absensi guru dan siswa, dan sejauh saya pantau administrasi sekolah cukup bagus, saya melakukan supervisi selalu dalam kondisi sidak/mendadak, agar sekolah senantiasa siap apapun kondisi. Dan menurut selama monitoring saya di SDS CPC saat ini, semua kelengkapan sekolah juga sudah cukup bagus. Untuk monitoring administrasi yang lebih jauh, diperlukan durasi 3 jam per sekolah, dan untuk itu hanya bisa mengawasi 3 sekolah per hari, sedangkan untuk monitoring administrasi sekolah secara umum hanya memerlukan waktu 1 jam, sehingga satu hari saya bisa memonitoring 4 sekolah,” imbuhnya.

Ditanya kepada Wahyuniati, kepsek SDS CPC, setiap kegiatan monitoring sekolah tak pernah menjadi suatu momok bagi sekolahnya. “Justru Sekolah selalu siap dalam hal kelengkapan administrasi maupun program-program sekolah, alat peraga selalu berusaha melengkapi, juga masalah buku, karena kami sekolah swasta sehingga untuk masalah buku tak ada permasalahan dari pihak wali murid,”ujarnya. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *