Home / Serba-Serbi / Meriahnya Karnaval Pawai Budaya dan Mobil Hias Pembangunan Peringati HUT RI ke 72 se-Kota Batam
Pak Rudi dan pak Amsakar menerima souvenir green peace dari dinas kelautan.

Meriahnya Karnaval Pawai Budaya dan Mobil Hias Pembangunan Peringati HUT RI ke 72 se-Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Sebagai puncak peringatan HUT RI ke 72, seluruh lapisan masyarakat kota Batam dan pemerintah gelar pawai budaya dan mobil hias pembangunan se kota Batam, jumat (18/8/17), mulai pukul 13.00. Acara yang diprakarsai oleh kecamatan Lubuk Baja tersebut, dengan rute start Allium Batam-simpang Nagoya dan berakhir di simpang Sulaiman The Hills Batam tersebut tak sangka mendapat antusias luar biasa dari seluruh lapisan masyarakat dari seluruh kecamatan se kota Batam, baik dari kalangan pelajar dari mulai tingkat TK/PAUD hingga SMA/SMK, seluruh instansi yang ada di Batam, serta umum tumpah ruah ikut turun mengisi acara pawai dan mobil hias tersebut, dengan total 7. 840 peserta deville dan 167 mobil hias.

Hadir menyaksikan karnaval, walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM, Wakil walikota Batam Amsakar Achmad, S. Sos. M. Si, sekda kota Batam Jefridin Hamid, ketua DPRD kota Batam Nuryanto, anggota Kadin kota Batam, sekcam Lubuk Baja, Kapolres, Lanal Batam, Hulubalang LAM dan masih banyak lagi pejabat yang lain.

Adapun kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mempersatukan seluruh lapisan masyarakat kota Batam yang majemuk, multi suku dan agama, sehingga dari keberagaman suku dan agama tidak lagi menjadi pemicu perselisihan yang dulu kerap terjadi.

Dari kalangan pelajar menampilkan keberagaman Bhinneka Tunggal Ika mulai dari tampilan pakaian adatnya, turut pula meramaikan, marching band Bahana Barelang dan marching band dari seluruh sekolah di kota Batam, tampilan pakaian profesi, hingga yang umum menampilkan Barongsai, gamelan banyumas, kuda lumping dan juga perkumpulan SH Terate kota Batam ikut turun meramaikan pawai dan melakukan beberapa atraksi pencak silatnya.

Menurut salah satu panitia karnaval, kegiatan tersebut pun dilombakan agar menjadi penyemangat bagi seluruh peserta, dengan kriteria penilaian keberagaman penampilan budaya nusantara, kerapian dan ketertiban peserta, kekompakan peserta dalam berbaris.

Bahkan beberapa peserta dari Green Peace kelautan memberikan souvenir save laut kepada Rudi dan pejabat yang hadir, tak ketinggalan peserta dari dinas pangan pun memberikan setandan pisang kepada Rudi.

Kepada pers, Rudi mengatakan tahun ini banyak mengalami peningkatan daripada tahun sebelumnya dalam hal kekompakan dan kebersamaan masyarakat kota Batam. Ia mengaku senang atas sukses dan meriahnya karnaval tahun ini. Dan ia bersama staf nya berencana akan memindahkan rute pawai ke Batam Centre tahun depan, ia berharap saat itu pembangunan ruas jalan kiri kanan sudah selesai sehingga bisa dilalui pawai. Selain pawai, ia akan gelar festival dan pasar murah bagi masyarakat jelang ramadhan dan peringatan HUT RI. Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat Batam kompak pula membangun Batam dan Indonesia sebagai satu kesatuan NKRI, tak perlu lagi meributkan perbedaan.

Ia juga berharap permasalahan kelesuan perekonomian di Batam bisa cepat pulih dari segi pariwisata, masalah jasa medik dokter akan kelar dengan lancarnya pemasukan dari pihak BPJS, karena pemerintah tak bisa mendahului membayar jasa medik dokter dengan uang kas APBD karena itu bukan kapasitasnya dan bagi pihak dokter yang kiranya kemarin pemicu kericuhan akan segera ditindaklanjuti, ia mengingatkan sebagai orang yang berpendidikan dokter harusnya bisa tahu persis bagaimana deregulasi pemberian jasa dan haknya, tidak dibenarkan mereka melakukan demo di instansi pemerintah bahkan RSUD hal itu dianggap melakukan tindakan pidana, mencipta kerusuhan yang sekiranya bisa diminimalisir. Dan ia menegaskan siapa saja yang melakukan pidana akan ia tindak tegas tanpa pandang bulu.

Untuk pemenang pawai budaya, kategori SMA/SMK, juara 1 dari SMK Kartini, juara 2 SMAN 12, juara 3 SMA Al Azhar, harapan 1 SMA Kartini, harapan 2 SMA Imanuel.

Kategori SMP, juara 1 Al Azhar, juara 2 SMPN 41, juara 3 Ibnu Sina, harapan 1 SMP Hang Kasturi, harapan 2 SMP Advent.

Kategori SD, juara 1 SDN 03 (nomor peserta 27), juara 2 SDN 02 (nomor peserta 26), juara 3 SDN 05 (nomor peserta 30), harapan 1 SDN 07 (nomor peserta 32), harapan 2 SDN 01 (nomor peserta 39).

Kategori TK/PAUD, juara 1 TK Ibnu Sina, juara 2 TK Islam Jami, juara 3 TK Al Muttaqien, harapan 1 TK Sri pelangi, harapan 2 TK Advent. (dian) 

Rangkaian pawai budaya dan mobil hias pembangunan di karnaval kemerdekaan HUT RI ke 72 kota Batam 2017.
Rangkaian pawai budaya dan mobil hias pembangunan di karnaval kemerdekaan HUT RI ke 72 kota Batam 2017.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *