Home / Pendidikan / Lomba Inovasi TTG & TTG Unggulan Tingkat Kota Batam Tahun 2017 Digelar
Pemencetan sirene oleh Amsakar, Sardison, Hasyimah dan Riki tanda dibukanya lomba inovasi TTG & TTG unggulan tingkat kota Batam 2017.

Lomba Inovasi TTG & TTG Unggulan Tingkat Kota Batam Tahun 2017 Digelar

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) unggulan tingkat kota Batam kembali digelar, rabu (19/4) – jumat (21/4), bertempat di atrium Kepri Mall Batam Centre.

Hadir di pembukaan wakil walikota Batam Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, asisten walikota Zarefriadi, kadisdik kota Batam Drs. Muslim Bidin, kadis PMDK & Capil Kepri Drs. Sardison, kadis sosial dan pemberdayaan masyarakat kota Batam Hasyimah, MM, anggota komisi IV DPRD kota Batam Riki Indrakari, peserta lomba TTG, pelaku UKM, mahasiswa maupun pelajar sekota Batam.

Rangkaian seremonial pembukaan inovasi TTG kota Batam 2017.

Dalam sambutannya, Hasyimah menyampaikan untuk peserta TTG tahun ini sebanyak 24 pendaftar, terdiri dari 17 kategori umum/mahasiswa dan 7 kategori pelajar. Total hadiah sebesar Rp55 juta, meliputi tropi, sertifikat dan uang pembinaan untuk pemenang dengan rincian kategori unggulan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp7 juta. Untuk kategori umum/mahasiswa, juara 1 mendapat uang pembinaan sebesar Rp7 juta, juara 2 mendapat Rp6 juta, juara 3 sebesar Rp5 juta, harapan 1 mendapat Rp3 juta, harapan 2 mendapat Rp2 juta, dan harapan 3 mendapat Rp1 juta. Begitu pula untuk kategori pelajar yang meraih juara 1 hingga harapan 3. Sumber dana dari APBD kota Batam.

Tujuan TTG ini, lanjut Hasyimah untuk mempercepat pemulihan ekonomi, meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat, memperluas lapangan kerja dan usaha serta meningkatkan produktifitas dan mutu produksi.

Tujuan yang lain adalah menunjang pengembangan wilayah melalui penemuan TTG berbasis potensi daerah menuju keunggulan kompetitif dalam persaingan lokal, regional, dan global, serta memasyarakatkan teknologi dan metode untuk menumbuhkan budaya entrepreneur.

Dewan juri TTG, antara lain peneliti pusat pengembangan TTG – LIPI Subang Arie Sudaryanto, MP, perencana ahli madya, badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT) Serpong Drs. Priyono, ME, kepala sub direktorat TTG, pendayagunaan SDA & TTG, dirjen PPMD Kemendes, PDT dan transmigrasi Ivan Syahri Rangkuti, SE, M. Si, serta dinas sosial dan pemberdayaan masyarakat kota Batam Dedy Suryadi, AKS.

Dalam kesempatan sambutan, Sardison berharap TTG ini bisa berguna bagi masyarakat dengan adanya inovasi-inovasi baru yang tercipta. Dikatakannya tahun lalu Batam pernah meraih Posyantek terbaik meskipun sebatas nominator, kedepannya ia berharap bisa dipertahankan terbaik nominator di Kepri. TTG provinsi akan dilaksanakan 19 mei mendatang dan berencana akan mengundang para jawara TTG provinsi tahun lalu.

Terakhir, Amsakar mengharapkan dari inovasi yang tercipta di TTG, bisa menaikkan nilai tambah atas produk tertentu, tidak hanya berhenti sebatas inovasi semata.

Sebagai penutup, dilakukan pemencetan sirene oleh Amsakar, Sardison, Hasyimah dan Riki tanda dibukanya lomba inovasi TTG & TTG unggulan tingkat kota Batam 2017. (dian)

Para tamu undangan, dan beberapa inovasi dari peserta TTG.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *