Home / Pendidikan / Launching Kurikulum Bersama Pendidikan Agama se-Kota Batam
Kepala kemenag Batam Zulkifli menandatangani pakta integritas kurikulum bersama pendidikan agama rabu (4/1) kemarin

Launching Kurikulum Bersama Pendidikan Agama se-Kota Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Untuk lebih kepada peningkatan pembinaan karakter dan akhlak siswa, maka kurikulum ahlussunah wal jamaah kota dan Badan Musyawarah Guru Taman Pendidikan Al Qur’an (BMGTPQ) kota Batam menggelar launching kurikulum bersama pendidikan agama bagi sekolah yang melaksanakan program Full Day School (FDS), Rabu (4/1) di kantor kementerian agama kota Batam.

Dihadiri oleh kepala kemenag kota Batam H. Zulkifli Aka, Kapolresta Batam yang diwakili oleh kompol Firdaus, kabalitbang kota Batam Yazid, kasi pendidikan agama dan kegamaan islam sekota Batam Drs. Sarbaini, humas keagamaan sekota Batam Badarudin Ahmad Usman, pemuka agama, majelis dzikir Al Hikmah kota Batam, serta perwakilan guru agama sekota Batam dimana di dalam gelaran launching tersebut dilakukan penandatanganan pakta integritas untuk pengesahan kurikulum bersama pendidikan agama yang dilakukan oleh Zulkifli dan guru agama sekota Batam.

Rangkaian kegiatan launching kurikulum bersama serta penandatanganan pakta integritas kurikulum pendidikan agama sekota Batam

Sebelum acara inti penandatanganan, digelar istighotzah dan sambutan dari Zulkifli, Firdaus, Sarbaini dan Yazid. Kepada Hangtuah Pos, Sarbaini mengatakan atas himbauan dari pemerintah bahwa 20% dari SD sekota Batam harus diberlakukan program FDS, maka jam pembelajaran di dalam program tersebut harus diisi dengan pembinaan keagamaan.

“Bagi sekolah yang tidak melakukan FDS, setiap jumat diawali kurikulum ahlussunah selama sejam atau setiap hari 15 menit. Untuk SMP dan SMA masih dirancang, siswa SMP diharapkan bisa menulis 10 juz al quran, siswa SMA dilanjutkan setelah juz 10 keatas, dalam sebulan kedepan rancangan selesai dan akan disosialisasikan,” ungkap Sarbaini.

Dalam program FDS, lanjut Sarbaini, pada jam ashar hingga pulang pukul 16.30, diisi dengan pembahasan karakter agama. “Intinya Seluruh agama merangkum 3 hal, yang mendidik anak untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI, bahwa islam adalah agama rahmatan lil alamin, serta pendidikan agama haruslah pendidikan yang menyejukkan untuk semua, dan kurikulum pada buku pembelajaran sudah difilter, jadi tidak ada yang diluar konteks agama akan muncul, ” imbuhnya. (dian)

Baca Juga  Tahun Baru 2017, Sekolah Siapkan Semester II

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

UN 2018 Diikuti 15.380 Siswa SMP Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pekan depan siswa kelas IX SMP akan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan data Dinas Pendidikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *