Home / Internasional / Kunjungan Northland Secondary School Singapura ke SDN 02 dan 05 Lubuk Baja Batam
Kepsek SDN 05 Lubuk Baja R. Rahmadaniar, S.Pd beserta para guru berfoto bersama dengan majelis guru Northland Secondary School Singapura

Kunjungan Northland Secondary School Singapura ke SDN 02 dan 05 Lubuk Baja Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Adapun Northland Secondary School, yang berlokasi di Yishun, Singapura selama 3 hari lawatannya sejak sabtu (4/3) hingga selasa (7/3) mengunjungi 2 SD di kota Batam, yakni SDN 02 dan 05 Lubuk Baja, kemudian panti asuhan Viran Sejahtera Legenda Malaka Batam, masjid Jabal Arafah serta Vihara Tok Pek Kong. Para siswa kelas 3 NSS tersebut dibagi dalam 3 rute lawatan per hari nya, dengan total 150 siswa, mengunjungi Batam dan Bintan.

Lim Yong Mark, salah satu guru NSS kepada Hangtuah Pos menjelaskan bahwa lawatan mereka kali ini ke Batam merupakan lawatan pertama kalinya ke 2 sekolah dasar, yakni SDN 02 dan 05 Lubuk Baja, dimana tujuannya agar para siswanya bisa belajar berinteraksi secara langsung dengan siswa dan orang-orang dengan kultur yang berbeda dari sekolah dan lingkungan di luar negeri terutama di Asian. Dan Lim mengakui ia, ke 5 guru serta para siswanya sangat senang dengan lawatannya kali ini, berharap kedepannya bisa berkunjung kembali ke Batam dengan tempat tujuan yang berbeda.

Rangkaian kegiatan permainan NSS Singapura dengan para siswa SDN 05 Lubuk Baja

Rozi, guru kesiswaan NSS pun menambahkan bahwa lawatan mereka kali ini bertema Character Building, yakni berinteraksi dan berempati dengan siswa dan lingkungan di luar negeri, sehingga siswa bisa belajar bagaimana bertanggungjawab dalam kehidupan nyata kelak.

“Pasal siswa Singapura umumnya sangat protektif, mereka kurang mengekspos diri mereka dengan lingkungannnya, sehingga dari pihak sekolah dan dinas pendidikan Singapura ingin agar para siswa tidak hanya belajar di dalam kelas, namun juga mereka bisa berinteraksi dan berempati dengan sesama secara langsung dengan lingkungan yang berbeda kultur,” ungkap Rozi.

Isi dari aktifitas Character Building itu sendiri, lanjut Rozi, merupakan ide dari para siswa, yang mana dianjurkan oleh pihak sekolah maupun dinas pendidikan Singapura, sedangkan guru hanya membantu. “Lulus dari SMP nanti diharapkan siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan secara akademik saja, namun juga life skill, tahu bagaimana membuat keputusan, bagaimana menyesuaikan diri dan berempati dengan lingkungannya terutama dari kultur yang berbeda, dan mereka tidak menjadi canggung di kehidupan nyata,” imbuh Rozi.

Kepsek SDN 05 Lubuk Baja, R. Rahmadaniar, S.Pd mengatakan pihak sekolahnya senang menerima kedatangan siswa SMP NSS dari Singapura. “Para siswa NSS singapura jadi tahu atraksi-atraksi dari siswa SDN 05 Lubuk Baja, bagi siswa kita sendiri untuk memotivasi mengenal siswa-siswa dari singapura, selain itu mereka juga memberi dukungan cat untuk sekolah,” ujarnya.

Rangkaian kegiatan NSS Singapura dengan para siswa SDN 05 Lubuk Baja, pengecatan dan pembangunan alat masak di panti asuhan Viran Sejahtera serta foto bersama dengan tim Hangtuah Pos

Dan di viran sejahtera, para siswa NSS Singapura memberikan bantuan pembangunan tempat masak dan pengecatan dinding panti asuhan. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *