Home / Internasional / Kunjungan Dayeh University Taiwan ke SMK Kartini Batam
Penyerahan cinderamata dari SMK Kartini, kepsek Mujiono kepada pihak Dayeh University, Meiling Chen

Kunjungan Dayeh University Taiwan ke SMK Kartini Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dalam rangka sosialisasi sekaligus menindaklanjuti kerjasama pemberian beasiswa untuk siswa SMK Kartini Batam melanjutkan studi ke Dayeh University Taiwan, pihak Dayeh University Taiwan yang diwakili oleh Meiling Chen, Ph.D, Dean of Foreign Affairs Dayeh University bersama 2 pendamping dari UIB Batam, selasa (6/12) mengunjungi SMK Kartini Batam yang langsung ditemui oleh kepsek SMK Kartini Drs. Mujiono bersama beberapa guru.

Ditemui sebelum sosialisasi, kepada Hangtuah Pos, Meiling mengatakan bahwa tahun lalu, Dayeh sudah menerima beberapa siswa dari Indonesia, dan 2 orang diantaranya yang memperoleh beasiswa untuk studi di Dayeh hingga lulus. “We have Aji who just finished his matter degree and his wife is on her second year for master. They light up our eyes and show us their excellent performance, either in academic or on the practical part. They got full scholarship for every semester. Actually more than 90% of our foreign master students used to have full scholarship. The doctoral student even have monthly cash scholarship (Disana ada Aji yang baru saja menyelesaikan gelar masternya dan istrinya yang saat ini sedang melaksanakan studi tahun keduanya di gelar master. Mereka sangat mengesankan kami dengan kemampuan prestasi mereka baik di bidang akademik maupun praktek. Mereka memperoleh beasiswa penuh tiap semester. Dan sebenarnya 90% siswa mancanegara kami yang melaksanakan studi gelaran master menerima beasiswa penuh, malahan untuk siswa kedokteran tiap bulan mendapatkan beasiswa tunai),” terang Meiling sekaligus memuji 2 siswa indonesia yang menerima beasiswa tersebut atas prestasinya.

Dan tahun inipun lanjut Meiling, dibuka kesempatan bagi siswa SMK Kartini yang ingin melanjutkan studi ke Dayeh University untuk memperoleh akses kemudahan dan untuk yang berhak mendapatkan beasiswa sesuai dengan rekomendasi kepsek SMK Kartini. “For Technique Training Courses for Overseas Chinese Youth, Taiwan government will cover two years tuition. If students are will to keep studying , students can apply the scholarship from Dayeh university. (Untuk program technique training courses for overseas chinese youth, pemerintah Taiwan akan mengcover 2 tahun kuliah gratis. Jika siswa ingin melanjutkan, bisa mengajukan beasiswa ke pihak Dayeh University),” ungkap Meiling.

Baca Juga  The Closing Ceremony Gebyar SMK Kartini Batam IV Tahun 2017

Sedangkan Novian, pendamping dari UIB menambahkan pula khusus program overseas kelas baking dan multimedia, pendaftaran terakhir 15 desember, dan untuk beasiswa program 2 tahun belajar akan diberikan dengan syarat yang ditentukan oleh Dayeh. “Dan setelah 2 tahun siswa boleh balik ke Indonesia, bila ingin melanjutkan, bisa langsung jadi S1 selama 4 tahun,” papar Novi.

Rangkaian kegiatan sosialisasi dan kunjungan Dayeh University Taiwan ke SMK Kartini Batam
Rangkaian kegiatan sosialisasi dan kunjungan Dayeh University Taiwan ke SMK Kartini Batam

Usai sosialisasi dari Meiling, kepsek SMK Kartini Mujiono menyampaikan kepada siswanya bahwa kebersihan di dayeh university sangat dijaga, dan selama belajar disana pun betul-betul dijaga keharmonisan beragamanya antara agama satu dengan agama lain. “Setelah 6 bulan sekolah, siswa bisa mengambil part time job disana,” tuturnya. Sosialisasi ditutup dengan penyerahan cinderamata dari pihak SMK Kartini kepada Meiling Chen.

Terakhir, ia pun berharap siswanya bisa mengambil peluang program beasiswa dan akses kemudahan studi ini untuk bisa belajar ke luar negeri, khususnya ke Taiwan. “Bila siswa masih ragu untuk melanjutkan studi ke Taiwan langsung, bisa mendaftar kuliah dulu ke UIB selama 2 tahun belajar, lalu bisa melanjutkan ke Dayeh untuk join degree ataupun double degree,” tutup Mujiono. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Seleksi Terbuka Untuk Persiapan Calon Kadisdik Kota Batam Baru

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Per akhir april 2018, kadisdik kota Batam Muslim Bidin pensiun. Hingga pertengahan april …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *