Home / Pendidikan / Kompetisi Paskibra Gardabrama (1st Kompasgar) MAN 2 Batam
Pemberian tanda mata SMKN 1 PST Sumut kepada kepsek MAN 2 Batam Ulfa Ismiyati sebagai tanda jalinan silahturahmi dan dibukanya 1st kompasgar MAN 2 Batam sabtu (19/11) lalu

Kompetisi Paskibra Gardabrama (1st Kompasgar) MAN 2 Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perdana MAN 2 Batam menggelar kompetisi Paskibra Gardabrama (1st Kompasgar) yang berlangsung selama 2 hari, sabtu (19/11) hingga minggu (20/11) di lapangan sekolah MAN 2 Batam. Kompetisi tersebut diikuti oleh 40 tim sekolah SMP dan SMA sekota Batam, SMP sebanyak 19 tim, SMA sebanyak 21 tim, masing-masing sekolah ada yang mengirimkan 2 tim.

Ketua panitia Rizal Muttaqien (Zaki) disela memandu lomba, mengatakan bahwa kompasgar tersebut melombakan 3 kategori antara lain lomba tata upacara bendera hari pertama untuk SMP-SMA, lomba ketangkasan baris-berbaris untuk SMP-SMA dan lomba kreasi variasi formasi (LKvafor) untuk SMA dihari kedua, dengan aturan durasi waktu tampilan minimal 8 menit, maksimal 10 menit.

“Juri antara lain dari TNI kodim 0316, polsek Lubuk Baja, dan 2 orang baru purna paskibraka Indonesia. Tujuan kompetisi ini adalah untuk meningkatkan nasionalisme dan disiplin, mempererat silahturahmi antar sekolah, dan sebagai ajang untuk memperkenalkan paskibra kepada sekolah di kota Batam, ada juga jenis lomba yang lain seperti lomba photograpy OTS, photography instragam, olimpiade paskibra dan danton terbaik,” papar Zaki.

Diantara tim sekolah di Batam yang ikut kompetisi, salah satu peserta tim tamu yang datang dari jauh, yakni SMKN 1 Percut Sei Tuan (PST) Deli Serdang, Sumatra Utara juga turut serta, dengan kepseknya Drs. Samson Manik, beserta 21 orang dalam 1 tim dari kelas X dan XI, didampingi pula 2 orang pelatih paskibra lainnya, Surya Darmawan dan Sukirman.

Rangkaian tampilan sekolah-sekolah SMP dan SMA dalam 1st kompasgar MAN 2 Batam, serta penyerahan cinderamata dari SMKN 1 PST Deli Serdang kepada MAN 2 Batam
Rangkaian tampilan sekolah-sekolah SMP dan SMA dalam 1st kompasgar MAN 2 Batam, serta penyerahan cinderamata dari SMKN 1 PST Deli Serdang kepada MAN 2 Batam

Partisipasi mereka diterima langsung oleh kepsek MAN 2 Batam Ulfa Ismiyati dengan penyerahan cinderamata dari pihak SMKN 1 PST kepada MAN 2 Batam. Mereka adalah tim paskibra sekolah jawara umum paskibra se-Sumatra Utara 2 tahun berturut-turut, 2014 dan 2015.

Kepada Hangtuah Pos, Samson mengatakan bahwa tim paskibra SMKN 1 PST mengikuti 1st kompasgar ini merupakan kunjungan balasan atas MAN 2 Batam di bulan oktober lalu juga mengikuti ajang yang sama di Deli Serdang, yaitu kompetisi inspirasi paskibra satuan (KIPAS) ke 5.

“Kita sering mengikuti kompetisi-kompetisi paskibra di area Medan dan Binjai, dam baru pertama kali ini kami mengikuti kompetisi paskibra terjauh jaraknya yakni di Batam di 1st kompasgar MAN 2 Batam. Mereka pernah datang ke tempat kami oktober lalu untuk mengikuti KIPAS ke 5, dan sekarang ini kunjungan balasan kami kemari. Paskibraka sendiri merupakan ekskul di sekolah, namun yang paling pokok sekolah selalu mengikuti kegiatan LKS, ” ulas Samson.

Tampilan memukau SMKN 1 PST Deli Serdang dan menjadikannya juga sebagai juara umum kibra terbaik 1st kompasgar
Tampilan memukau SMKN 1 PST Deli Serdang dan menjadikannya juga sebagai juara umum kibra terbaik 1st kompasgar

Samson berharap agar kegiatan seperti ini terus berlanjut hingga kedepannya dan akan turut serta di lomba-lomba yang lain. “Agar siswa jauh dari narkoba dengan mendisiplinkan pada kegiatan yang positif, menambah pengalaman siswa pun di wilayah lain juga, tidak hanya di Medan saja,” imbuhnya.

Sementara itu pelatih Surya darmawan menimpali bahwa SMKN 1 PST Deli Serdang pernah meraih juara umum kodya Binjai paskibraka 2015, juara umum piala teknologi kodya Medan 2015, piala bergilir gubernur Sumut di MAN 1 Medan 2014 dan 2015, dan di Sei Tuan sendiri sudah 5 kali menggelar event Pasprastu (pasukan paskibra SMKN 1).

“Nama kegiatan rutin paskibra tahunan kami adalah KIPAS (kompetisi inspirasi paskibra satuan) sampai setingkat nasional sejak 2012, dan setiap bulan oktober diadakannya. Dan kami beritahukan kepada seluruh sekolah di Batam, Oktober 2017, kami akan menggelar Open KIPAS ke 6 tingkat nasional SMKN 1 percut Sei Tuan Deli Serdang, silahkan untuk berpartisipasi,” ujar Surya.

Baca Juga  Pelatihan Paskibra Sekolah se-Kota Batam (PASKAB)

Malam hari kedua, saat diumumkannya para pemenang, Ersi, purna paskibraka indonesia kota Batam berkomentar untuk LKBB favor, banyak perubahan dari sekolah peserta. “Perkembangan gerakan sudah cukup banyak, dan acara seperti ini sudah mulai banyak, tiap sekolah terasa persaingannya, saya melihat cukup mencolok perkembangannya, banyak variasi cukup menonjol, sebetulnya teknik dasar LKBB ikut acuan berpedoman dari skeppangab tentang tata cara baris berbaris, dasarnya adalah gerakan ditempat, ditempat berubah arah, berpindah tempat, plus cara memberikan aba-aba dari danton, dan garis besar penilaian, untuk LKBB berpedoman pada skeppangab, untuk favor, bebas, tergantung pada kreasi dari peserta tanpa melepas gerak dasar, seni berdasar peserta,” jelasnya.

Dan untuk perkembangan paskibra maupun LKBB sekarang ini lanjut Ersi sudah cukup baik. “Dan purna paskibra sudah mengadakan pelatihan paskibra pada beberapa sekolah yang dilaksanakan bulan januari- maret, tiap hari sabtu minggu, diminta aktif mengikuti pelatihan paskibra untuk persiapan upacara di sekolah masing-masing, wakil dari masing-masing sekolah 10 orang. Untuk kompetisi kompasgar kali ini saya salut dengan semua peserta, bahkan peserta yang SMP sampai mampu mengimbangi bagus teknik gerakannya seperti peserta SMA,” puji Ersi.

Usai sambutan penutupan 1st kompasgar yang dilakukan kepsek MAN 2 Batam Ulfa Ismiyati, diumumkanlah Kibra terbaik/juara umum tingkat SMP sederajat, juara 1 MTsN 1 Batam, 2. MTs USB Batam, 3. SMPN 10 Batam. Kibra terbaik tingkat SMA/SMK, juara 1 SMKN 1 PST Sumatra Utara, 2. SMKP Maritim, 3. SMAN 8 Batam.

Para Jawara

  • SMP/MTS se-derajat 
  • SMA/MA/SMK se-derajat 

LKBB

Juara 1 : SMPN 10 Batam

Juara 2 : MTS USB Batam

Juara 3 : SMPN 28  Batam

Harapan 1 : MTSN 1 Batam

Harapan 2 : SMPN 45 Batam

Harapan 3 : SMP Binaummah

Mula 1 : SMPN 4 Batam

Mula 2 : SMPN 29 Batam

Mula 3 : SMPN 47 Batam

LTUB

Juara 1 : MTSN 1 Batam

Juara 2 : SMPN 10 Batam

Juara 3 : SMPN 25 Batam

Harapan 1 : SMPN 29 Batam

Harapan 2 : MTS USB Batam

Harapan 3 : SMPN 28 Batam

Mula 1 : SMPN 45 Batam

Mula 2 : SMP Nurul Jadid

Mula 3 : SMP Binaummah

Danton Terbaik

Juara 1 : SMPN 45 Batam

Juara 2 : SMPN 10 Batam

Juara 3 : MTSN 1 Batam

Kibra Terbaik

Juara 1 : MTSN 1 Batam

Juara 2 : MTS USB Batam

Juara 3 : SMPN 10 Batam

LKBB

Juara 1 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Juara 2 : SMKN 1 Batam

Juara 3 : SMKP Maritim

Harapan 1 : SMK Penerbangan

Harapan 2 : SMAN 1 Batam Tim B

Harapan 3 : SMAN 4 Batam

Mula 1 : SMK Kartini

Mula 2 : SMAN 3 Batam

Mula 3 : MAN 1 Batam

LKVafor

Juara 1 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Juara 2 : SMKN 1 Batam

Juara 3 : MAN 1 Batam

Harapan 1 : SMAN 5 Batam

Harapan 2 : SMAN 4 Batam

Harapan 3 : SMKP Maritim

Mula 1 : SMAN 1 Batam Tim B

Mula 2 : SMK Penerbangan

Mula 3 : SPAN Batam

LTUB

Juara 1 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Juara 2 : SMKP Maritim

Juara 3 : SMAN 8 Batam

Harapan 1 : SMK Kartini

Harapan 2 : SPAN Batam

Harapan 3 : SMK Penerbangan

Mula 1 : SMK Teladan

Mula 2 : SMAN 5 Batam

Mula 3 : SMKN 1 Batam

Olimpiade Paskibra

Juara 1 : SMAN 3 Batam

Juara 2 : SMAN 1 Batam Tim B

Juara 3 : SMKN 1 Batam

Harapan 1 : SMKN 4 Batam

Harapan 2 : SMAN 1 Batam Tim A

Harapan 3 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Mula 1 : MAN 1 Batam

Mula 2 : SMAN 5 Batam

Mula 3 : SMAN 16 Batam

Photography OTS

Juara 1 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Juara 2 : SMKN 1 Batam

Juara 3 : SMK Kartini

Photography Instagram

Juara 1 : SMKN 1 Batam

Juara 2 : SMAN 8 Batam

Juara 3 : SMAN 1 Batam Tim B

Photography

Juara 1 : SMAN 4 Batam

Juara 2 : MAN 1 Batam

Juara 3 : SMKN 4 Batam

Danton Terbaik

Juara 1 : SMKP Maritim

Juara 2 : SMKN 1 Batam

Juara 3 : SMKN 1 PST Sumatera Utara

Kibra Terbaik

Juara 1 : SMK 1 PST Sumatera Utara

Juara 2 : SMKP Maritim

Juara 3 : SMAN 8 Batam

(dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *