Home / Serba-Serbi / Kelurahan Air Raja Jawara Umum di STQ Kecamatan Galang VI Tahun 2017
Kelurahan Air Raja meraih juara umum dalam STQ kecamatan Galang VI tahun 2017 senin (27/2) lalu

Kelurahan Air Raja Jawara Umum di STQ Kecamatan Galang VI Tahun 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) kecamatan Galang telah berlangsung selama 2 hari, yakni senin (27/2) dan selasa (28/2), yang dibuka pukul 08.00 di kantor camat Galang, Sembulang. STQ tersebut diikuti oleh 8 kelurahan, antara lain Air Raja, Sembulang, Subang Mas, Galang Baru, Sijantung, Karas, Rempang Cate, dan Pulau Abang. Peserta berjumlah 2000-an orang, peserta STQ dari 8 kelurahan berjumlah 96 orang, lainnya menggelar bazar dari tim penggerak PKK, peserta de ville dan rebana.

Acara dibuka oleh wakil walikota Amsakar Achmad, dihadiri juga oleh kepala OPD, wakil tim penggerak PKK kota Batam, kepala KUA Galang, Danramil Galang, Polsek Galang, lurah Air Raja Rizal Lesmana, S.Pd.Ing, MM, camat Galang Amri Amis S. Ap, juga sekcam galang Uthe Rambe, SE.

Dalam kesempatan sambutannya, Amsakar mengatakan, STQ tidak hanya menjadi sebuah seremonial semata, namun harapannya menjadikan Al Quran menjadi panduan hidup. “Al Quran merupakan satu-satunya kitab suci yang masih murni keorisinalannya, tiap huruf dalam Al Quran saja berdampak dengan artinya, mari kepada seluruh masyarakat Batam bisa mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al Quran sehingga menjadikan Batam sebagai bandar dunia yang madani,” ungkap Amsakar.

Dalam STQ kecamatan Galang tersebut, kelurahan Air Raja berhasil menjadi juara umum, termasuk lomba pawai/de ville maupun bazaar.

“Saya mengucap syukur atas prestasi juara umum di kelurahan Air Raja, namun tugas berat menanti kita semua karena mempertahankan juara umum lebih berat dari hanya memperebutkannya, upaya peningkatan prestasi perlu dilakukan di masa mendatang, harapannya budaya membaca Al Quran dapat lebih ditingkatkan termasuk kegiatan keagamaan lainnya yang ada di masyarakat, di air raja sendiri, kunci sukses memperoleh juara umum tersebut karena pengelolaan TPQ bersungguh-sungguh melatih anak didiknya, hasil materi memang belum memadai namun mereka bekerja sungguh-sungguh sehingga dapat memperoleh juara tersebut,” kata Rizal kepada Hangtuah Pos, rabu (1/3).

Pengelola TPQ yang ada di kelurahan Air Raja, dikatakan Rizal, agar bisa lebih meningkatkan lagi kesungguhan pendidikannya secara khusus, dan juga bagi kelurahan lain secara umum. “Dan bagi anak-anak yang mendapat juara saya harap bisa meraih prestasi lagi di tingkat kota dan provinsi,” ujar Rizal.

Rangkaian seremonial pembukaaan STQ kecamatan Galang VI tahun 2017

STQ kecamatan Galang VI ini menjadi pemacu dari fungsi seluruh kelurahan. “Ini merupakan fungsi kelurahan untuk membina keagamaan di masyarakat, baik pembinaan remaja masjidnya, kartar, PHBI lainnya, sudah menjadi kewajiban setiap kelurahan untuk membina kegiatan di masyarakat terutama yang meningkatkan SDM di bidang keagamaan. Itu juga menjadi tolok ukur para dai yang sudah membina masyarakat di tiap kelurahannya,” pungkas Rizal. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *