Home / Pendidikan / Jawara Pertama LCC dari SDN 01 Batam Kota, Tekat Lebih Rajin Membaca Setelahnya
Jawara pertama LCC kota Batam, Rafi, Danis dan Erika dari SDN 01 Batam Kota bersama para pembinanya.

Jawara Pertama LCC dari SDN 01 Batam Kota, Tekat Lebih Rajin Membaca Setelahnya

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Dinas perpustakaan dan arsip daerah kota Batam kembali menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) di DC Mall Jodoh, sabtu (22/4/17). Berhasil merebut jawara pertama, ialah dari SDN 01 Batam Kota, dengan personilnya Rafi Muhammad Fadhil, Danis Furqon, Erika Ruhendi dari kelas 5.

Ditemui Hangtuah Pos selasa (25/4/17), mereka mengaku persiapan sebelum menghadapi LCC dengan mengikuti simulasi di sekolah yang diberikan oleh 3 pembina mereka, Heni, Rohani dan Safnizal Safni.

“Bahan soal dari pembina kami ibu Safnizal, itu 2 minggu sebelum LCC, saya sebelumnya pernah ikut olimpiade IPA tingkat kecamatan februari lalu,” ungkap Danis.

Ditanya kesan selama lomba, mereka mengaku gugup. “Namun dengan keyakinan dan berdoa, kami maju dengan pasti,” tukas Rafi.

Kedepannya bila ditunjuk lagi mengikuti lomba seperti ini, kata Danis, mereka siap.

“Soal yang cukup susah saat LCC adalah IPA, matematika, dan pengetahuan umum, kami jarang ke perpustakaan, setelah ini kami akan lebih sering mengunjungi perpustakaan untuk menambah wawasan,” ujar Erika.

Rafi mengaku suka membaca buku pelajaran PKN dan novel, sedangkan Danis mengaku suka membaca buku pelajaran IPA, science, dan suka menonton national geographic channel. Untuk Erika, ia suka membaca komik dan buku pelajaran IPS.

“Lepas sekolah, kami suka belajar sampai larut, nonton sambil bermain dengan saudara, Dan untuk persiapan sewaktu-waktu mengikuti lomba ini lagi dengan senantiasa belajar, jaga kesehatan, sering tanya jawab latihan soal di rumah dengan anggota keluarga, dan mengurangi jam main dan nonton,” ulas Erika.

Dan memang, di kegiatan varia pendidikan tingkat kota oktober mendatang, mereka bertiga akan maju ke babak final.

“Dalam akademi, mereka bertiga juara kelas rangking 5 besar, ketika latihan, kami bertiga memberikan (drill soal) secara bergantian siapa yang tercepat menjawab, semangat mereka memang tinggi untuk menjawab dan mengatasi soal, kami berikan latihan murni dari bank soal tahun sebelumnya dan yang baru, serta buku-buku muatan lokal dari Kepri dan Batam, ” ungkap Heni.

Terakhir, kepsek SDN 01 Batam Kota, Yendri Sarman menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih siswanya.

“Menjadi satu kebanggaan dimana siswa kami masih bisa eksis berprestasi di kota Batam dan berharap dengan adanya lomba seperti ini siswa semakin rajin membaca, sering meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan, sehingga pustaka di sekolah bisa betul-betul bermanfaat, pustaka merupakan sumber ilmu yang bisa dikembangkan, ini motivasi bagi siswa untuk selalu memperbanyak membaca buku agar wawasan mereka semakin luas,” ujar Yendri. (dian)

Kepsek SDN 01 Batam kota Yendri Sarman (kanan) berfoto bersama pembina LCC Safnizal saat penerimaan piala juara 1 LCC kota Batam.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *