Home / Pendidikan / Iskandar Muda Ukhuwah Scout Camp 2017
Foto bersama Kakanwil Kemenag kota Batam H. Zulkifli Aka beserta para undangan pada pembukaan Ukhuwah Scout Camp 2017 Iskandar Muda

Iskandar Muda Ukhuwah Scout Camp 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Perdana sekolah Iskandar Muda Batam menggelar perkemahan ukhuwah 2017, “Ukhuwah Scout Camp 2017”, yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam, 13-15 januari 2017, di lapangan Perkemahan Iskandar Muda No. 2 Sekupang.

Perkemahan tersebut diikuti oleh 138 peserta pramuka penggalang muslim SD/MI/SMP/MTs sekota Batam. Adapun kegiatan perkemahan dibuka pada hari jumat (13/1) dengan upacara, dihadiri oleh Kakanwil Kemenag kota Batam H. Zulkifli Aka, Koramil Sekupang, Pol Airud Sekupang, Polsek Sekupang, Camat Sekupang, Lurah Sekupang, ketua Ichsan Foundation serta ketua Yayasan Iskandar Muda Mukhtaruddin.

Pembukaan ditandai dengan tari persembahan, pembacaan ayat suci Al Quran, sambutan dari Kemenag kota Batam dan ketua Yayasan Iskandar Muda, tampilan tari kreasi siswa, serta ditutup dengan penyematan tanda peserta Ukhuwah Scout Camp 2017 yang dilakukan Zulkifli serta doa bersama. Adapun peserta SD – SMP hingga pukul 10.00 berjumlah 100 orang, yang terdiri dari SD, putra sebanyak 4 regu, putri 5 regu, SMP, putra 3 regu putri 1 regu, dan total peserta hingga hari ketiga sebanyak 138 orang.

Rangkaian aktifitas pembukaan kegiatan Ukhuwah Scout Camp 2017

Dalam kesempatan sambutannya, Zulkifli mengucapkan terima kasih kepada undangan yang sudah hadir dalam perkemahan tersebut. “Kegiatan perkemahan ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk benar-benar memperdalam nilai-nilai moral dan agama kepada para siswa yang merupakan calon bangsa untuk mengawal dan menjaga keutuhan NKRI, dan kegiatan ini harus terus dilaksanakan di kota Batam khususnya, dimana pramuka ada, pilar bangsa akan kukuh, pancasila, UUD 1945, dan NKRI,” ujarnya. Zulkifli pun menambahkan Kemenag kota Batam dan pondok pesantren wajib mengajarkan PMP kepada siswa. “Siswa wajib hafal dan menghayati serta mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Terakhir, Mukhtaruddin pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berharap kedepannya kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan lebih banyak lagi peserta yang ikut serta. Hadir di hari tersebut untuk memantau jalannya perkemahan ukhuwah, ketua Kwarran 03.03. Sekupang Yubahar Yakub, yang sekaligus menutup perkemahan, minggu (15/1).

Baca Juga  Pelantikan Pramuka Garuda Kwarran Batam Kota

Kepada Hangtuah Pos, panitia Ukhuwah Scout Camp 2017, Dewi menyampaikan perkemahan tersebut diisi dengan serangkaian kegiatan kepramukaan yang harus diikuti semua peserta antara lain PBB, tali temali, pioneering, pengetahuan agama islam dan pengetahuan umum serta pengetahuan kepramukaan (PAI-PUPK), sandi, lomba pendirian tenda segitiga standar, tapak tenda, pensi, kaligrafi, tahfiz Quran, tilawah, sarhil, dan tata boga. “Perkemahan ini memang tidak hanya memuat tentang ilmu kepramukaan saja, tapi juga diisi dengan ilmu keagamaan dan ilmu-ilmu yang lain yang mengasah bakat dan kemampuan siswa,” ungkap Dewi. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *