Home / Pendidikan / Donasi Gempa Aceh Tersalurkan
Penyerahan donasi Aceh dari Kakankemenag Batam H. Zulkifli Aka kepada Kakankemenag Pidie Jaya Drs. H. Ilyas Muhammad MA

Donasi Gempa Aceh Tersalurkan

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Tim Tanggap Bencana Kementerian Agama Kota Batam telah menyalurkan bantuan sebesar 225 juta ke korban gempa aceh yang terjadi pada 7 Desember 2016 silam. Penyerahan bantuan di lakukan di ruangan Kakankemenag Pidie Jaya, Sabtu (21/1) jalan Perkantoran Coe Trieng Kab. Pidie Jaya, dimana penyaluran diantar rombongan yang terdiri dari Kemenag Batam dan utusan dari BMG TPQ kota Batam.

Penyaluran tersebut dibagi ke tiga wilayah di Aceh. Pertama bantuan diserahkan ke Kementerian Agama Kabupaten Pidie Jaya sebesar Rp. 115 juta yang langsung diterima oleh pihak Kakankemenag Drs. H. Ilyas Muhammad MA. Hal ini mengingat banyaknya madrasah dan mesjid/musholla yang roboh dan hancur akibat gempa itu. Melalui Kemenag Pidie Jaya, Zulkilfi berharap semoga bantuan ini dapat disalurkan dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Batam akan musibah yang melanda aceh. Dana ini merupakan gabungan dari TPQ se-kota Batam, SMK Kartini Batam, Madrasah se-kota Batam, RA se-kota Batam, Majlis Ta’lim se-kota Batam, Bimas Kristen Batam, Bimas Hindu Batam dan Bimas Budha Batam.

Kakankemenag Pidie Jaya Drs. H. Ilyas Muhammad MA mengucapkan terima atas bantuan yang diberikan oleh Kemenag Batam, semoga bantuan ini dapat meringankan beban yang diderita oleh para korban. Ilyas juga menuturkan bahwa selain bangunan yang runtuh juga ada guru-guru madrasah Kemenag Pidie yang jadi korban akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Tempat kedua yang diberikan bantuan adalah Lembaga Pendidikan Islam Daya Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga yang terletak di jalan Mesjid Raya Km. 1.5 Desa Mideun Jok Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh.

Disini bantuan yang diberikan sebesar Rp. 100 juta, diterima langsung oleh pimpinan pondok yakni Tgk H. Hasanoel Bashry. Pondok ini mengurus sebanyak 6000 santri dengan tenaga pendidik sebanyak 630 orang. Akibat gempa tersebut di tempat ini telah menghancurkan total bangunan Institute Agama Islam Al Aziziah. Selain itu bangunan mesjid yang ada di dalam komplek ini juga ada yang rusak. Zulkifli berharap semoga bantuan ini bermanfaat. Sementara itu pihak pondok mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak Kemenag Batam.

Baca Juga  Penyerahan Dana Donasi Peduli Aceh Siswa SMK Kartini Batam

Tempat ketiga adalah di Mesjid Jami’ Quba yang terletak di desa Kuta Pangwa Kecamatan Tringgadeng Kab. Pidie Jaya. Besar bantuan yang diberikan sebesar Rp 10 jt. Diterima oleh pengurus mesjid, Abdullah. Gempa telah menghancurkan total bangunan mesjid ini hingga kubahnya jatuh ke bawah.

“Bantuan ini semoga dapat meringankan beban pengurus dalam membangun kembali mesjid ini. Dan kami pihak pengurus mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pihak kemenag batam,” ucap Abdullah. (dian)

Rangkaian penyerahan donasi dari Kemenag Batam kepada pihak Pidie Jaya di 3 tempat, Kemenag Pidie Jaya, Lembaga Pendidikan Islam Daya Ma’hadal ‘Ulum Diniyah Islamiyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga, dan Mesjid Jami’ Quba

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Gubernur Nurdin : MTQ Harus Bisa Membumikan Alquran

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Lingga – Salah satu yang terpenting dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) adalah bisa membumikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *