Home / Pendidikan / Batam Kota Juara Umum dan Nongsa Juara Umum Rebana di Ajang STQ VI Tingkat Kota Batam 2017
Penyerahan piala bergilir STQ oleh Rudi kepada camat Batam Kota, Ashraf Ali.

Batam Kota Juara Umum dan Nongsa Juara Umum Rebana di Ajang STQ VI Tingkat Kota Batam 2017

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Untuk ke 6 kalinya, Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kota Batam 2017 digelar jumat (7/4) hingga rabu (12/4). Pembukaan berlangsung di alun alun Engku Putri dimulai pukul 21.00, hadir ketua DPR RI sekaligus Ketua LAM kota Batam Drs. H. Nyat kadir, walikota H. Muhammad Rudi, SE, MM, wakil walikota Amsakar Achmad, S. Sos, M. Si, ketua DPRD kota Batam Nuryanto, SH, MH, sekda kota Batam Jefridin Hamid, anggota DPD RI provinsi Kepri Drs. H. Hardi S. Hood, asisten walikota Firmansyah, kabag kesra kota Batam Samudin HS, FKPD, ketua majelis ulama kota Batam, dandim, pimpinan ormas kota Batam, perwakilan peserta STQ dan rebana dari 12 kecamatan sekota Batam, perwakilan PKK dari 12 kecamatan untuk stand bazaar, serta ribuan peserta de ville, menyemarakkan pembukaan STQ tersebut.

Acara dimulai dengan long march de ville dari masing-masing kecamatan, dimana Batam Kota beranggotakan personil deville terbanyak berjumlah kurang lebih 1000 orang, Batu Aji mempunyai personil de ville terbanyak kedua sebanyak 770 personil, sedangkan kecamatan lainnya hanya beranggotakan berkisar 200 – 400 orang.

Rangkaian de ville dari beberapa kecamatan.

Usai de ville, dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir yang dilakukan oleh Rudi secara simbolis kepada wakilnya Amsakar dan sekda Jefridin Hamid. Untuk informasi, Juara umum tahun lalu diraih oleh kecamatan Batu Ampar.

Rangkaian pembukaan STQ VI Batam dan penyerahan piala bergilir yang dilakukan oleh Rudi secara simbolis kepada wakilnya Amsakar dan sekda Jefridin Hamid.

Dilanjutkan dengan sambutan Amsakar yang lagi-lagi menyatakan salut atas antusias masyarakat terhadap STQ dengan segala tampilan dan persembahan dalam kafilah de ville, bazaar, dan antusias peserta STQ sendiri, ia mengharap agar kegairahan ini tak hanya semata seremonial belaka, hingga kapanpun tetap membunyikan Al Qur’an dan menjadikannya menjadi pedoman hidup serta menghimbau agar hakim menyeleksi dengan baik menuju ke tingkat provinsi.

Dilanjutkan sambutan Nuryanto yang mengajak semuanya untuk senantiasa bersyukur atas nikmat Allah bisa menghadiri STQ VI saat itu dalam keadaan sehat. STQ menjadi syiar yang efektif melekat dalam kultur masyarakat dan menjadi daya dorong yang kuat dalam pembangunan daerah dan penyejuk serta perekat kebersamaan masyarakat sekaligus menjadi ajang silahturahmi, oleh karenanya STQ harus tetap dilestarikan, Al Qur’an menjadi pedoman sehari-hari dalam kehidupan.

Baca Juga  Antusias Luar Biasa Warga di STQ VI Kecamatan Batu Ampar
Rangkaian sambutan pembukaan dan penutupan STQ VI Batam.

Sedang Nyat Kadir, dalam sambutannya menyatakan dengan STQ, segala gesekan etnis di Batam bisa diminimalisir, dan itu menjadikan Batam lebih baik daripada Jakarta dalam hal kebersamaan masyarakatnya.

Setelah penampilan artis ibukota, Sulis, disambung dengan sambutan Rudi yang mengumumkan agar masyarakat bisa hadir di acara peletakan batu pertama masjid Agung Batam di Batu Aji yang bakal dilaksanakan 30 april, dimana masjid tersebut dikerjakan nantinya hingga 3 tahun yang bakal menghabiskan anggaran sebesar 243 milyar, serta mengundang warga untuk menyemarakkan lagi STQ tingkat provinsi 15 mei mendatang di Hastaka alun-alun Engku Putri Batam Centre.

Penampilan artis ibukota, Sulis.

Adapun STQ berlangsung di 2 tempat, yakni di Hastaka Alun-alun Engku Putri Batam Centre dan lantai 4 aula Engku Hamidah Kantor Pemko Batam. Kategori yang dilombakan Qori anak-anak putra putri, Qori dewasa putra putri, cabang kajian Al Qur’an, 1 juz dan tilawah putra putri, 5 juz dan tilawah putra putri, 10 juz putra putri, 20 juz putra putri, 30 juz putra putri, cabang tafsir Al Qur’an putra putri. Disambung dengan tabuh bedug tanda pembukaan STQ VI tahun 2017 kota Batam yang dilakukan oleh Rudi.

Sedangkan pada penutupan, rabu (12/4), dalam sambutannya Rudi menyampaikan untuk MTQ nasional tahun depan akan dilaksanakan di Daik Lingga, dan sabtu (15/4) pemerintah kota Batam menggelar silahturahmi dengan RT- RW dan anggota Muspida kota Batam dengan mengundang komedian Tukul Arwana.

Dan ditetapkan, peraih juara umum STQ VI tingkat kota Batam tahun 2017 adalah kecamatan Batam Kota. Juara umum rebana diraih kecamatan Nongsa. Piala bergilir STQ diserahkan Rudi kepada camat Batam Kota, Ashraf Ali, dan piala bergilir Rebana diserahkan oleh Marlin Agustina Rudi kepada pimpinan Rebana kecamatan Nongsa. (dian)

Penyerahan piala bergilir serta para juara di STQ VI tingkat kota Batam.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *