Home / Pendidikan / Antusias Sangat Besar Masyarakat di STQ Kecamatan Sekupang
Tabuh bedug yang dilakukan Rudi tanda resmi dibukanya ajang STQ kecamatan Sekupang kamis (16/2) malam kemarin

Antusias Sangat Besar Masyarakat di STQ Kecamatan Sekupang

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Untuk menjaring dan meningkatkan kualitas serta kuantitas anak-anak, remaja, bahkan masyarakat yang Qur’ani, digelar Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat kecamatan. Untuk di Sekupang dilaksanakan tanggal 16 – 18 februari 2017, di lapangan food court kuliner Tiban Centre. Dibuka pukul 19.30 dengan gelaran pawai deville dari 7 kelurahan kecamatan Sekupang, warga masyarakat, sekolah maupun lembaga TPQ. Disusul dengan tampilan 7 grup rebana utusan dari majelis taklim Sekupang, dan dimeriahkan dengan 8 stand bazaar dari 7 kelurahan 1 kecamatan.

Hadir walikota Batam H.M. Rudi, SE, MM, camat Sekupang M. Arman, SSTP, sekda kota Batam, anggota DPRD kota Batam, pimpinan OPD kota Batam, lurah Sekupang, UPIKA se-kecamatan Sekupang, dewan hakim STQ kecamatan Sekupang, ormas islam, tokoh masyarakat, tokoh agama dan ratusan warga masyarakat Sekupang.

Adapun cabang yang dilombakan, antara lain tilawah putra-putri, anak usia 15 th – 1 hari, dewasa 41 tahun – 1 hari, tahfiz putra putri 1 juz tilawah, usia 16 tahun – 1 hari, 5 juz 21 tahun – 1 hari, 10 juz usia 23 tahun – 1 hari, 20 juz usia 23 tahun -1 hari, 30 juz usia 23 tahun -1 hari, hipzil putra putri, juz 1, 5, 10, 15, 20, qiroatul murotal putra putri usia 23 tahun – 1 tahun, dengan total jumlah peserta 112 orang.

Acara dibuka dengan tari persembahan, paduan suara dan pembacaan doa. Dalam kesempatan sambutan, Arman mengungkapkan apreasiasi setinggi-tingginya atas antusias warganya yang luar biasa dengan gelaran STQ ini dan akan berusaha senantiasa menggelar ajang seperti ini untuk meningkatkan kualitas anak-anak, remaja dan masyarakat yang Qur’ani.

Rangkaian seremonial pembukaan STQ kecamatan Sekupang

Disusul dengan penyerahan piala bergilir untuk jawara umum STQ kecamatan Sekupang tahun lalu. Disambung dengan sambutan walikota Batam Rudi menyampaikan apreasiasinya atas antusias warga masyarakat Sekupang, dimana dikatakannya pada gelaran STQ kecamatan Lubuk Baja 9 februari lalu, jumlah kehadiran warga maupun peserta tak sebanyak seperti di Sekupang.

Baca Juga  Batam Kota Juara Umum dan Nongsa Juara Umum Rebana di Ajang STQ VI Tingkat Kota Batam 2017

“Saya salut dengan antusias peserta STQ kecamatan Sekupang dan warga masyarakat yang begitu banyak hadir, lebih banyak dari STQ kecamatan Lubuk Baja beberapa waktu lalu. Nanti tanggal 23 april saya akan mengundang bapak menteri Asman Abnur dalam rangka STQ tingkat kota di dataran Engku Putri, lalu untuk yang tingkat provinsi di bulan Mei 2017,” paparnya.

Ia pun mengumumkan akan membangun masjid yang berkapasitas besar di area Batu Aji, merencanakan membangun jalan lingkar dari Jodoh ke arah pantai Sekupang agar masyarakat Batam bisa melihat Singapura dari jalan tersebut, dan akan berusaha menyelesaikan pembangunan fly over secepatnya.

“PR buat kita semua untuk memberikan pendidikan agama sebanyak mungkin kepada anak, untuk mengantisipasi kemajuan teknologi yang gencar dengan pendidikan akhlak dan agama anak, pembangunan Batam dan akhlak masyarakat akan dibangun sejalan, dan STQ diharapkan bisa memotivasi anak-anak untuk rajin membaca al Qur’an,” tutup Rudi sekaligus membuka STQ kecamatan Sekupang secara resmi dengan penabuhan beduq, dan ditutup dengan persembahan pembacaan ayat suci Al Qur’an pembuka STQ, operet obor dan tari kreasi. (dian)

Rangkaian tari kreasi, operet obor, serta pawai deville di acara seremonial STQ kecamatan Sekupang

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Kominfo Mengajak Pelajar-Mahasiswa Batam Promosikan Pembangunan Melalui Vlog

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelajar dan mahasiswa di Kota Batam diajak promosikan hasil pembangunan pemerintah melalui video …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *