Home / Serba-Serbi / Antusias Luar Biasa Warga di STQ VI Kecamatan Batu Ampar
Pembunyian sirene oleh Amsakar dan para undangan tanda dibukanya STQ VI kecamatan Batu Ampar sabtu (11/3) lalu.

Antusias Luar Biasa Warga di STQ VI Kecamatan Batu Ampar

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pelaksanaan STQ VI kecamatan Batu Ampar yang berlangsung selama 3 hari yakni mulai pembukaan hari sabtu (11/3) hingga penutupan hari senin (13/3) di lapangan SMK Mandiri Sengkuang, menuai antusias luar biasa dari para warganya, terutama dari anak-anak dan pelajar. Sebanyak 4 kafilah deville dari Sei Jodoh, Kampung Seraya, Batu Merah, dan Tanjung Sengkuang, yang berkisar kurang lebih 4000-an peserta, marching band, bazaar serta 32 peserta STQ sendiri dari 4 kelurahan mengikuti kegiatan STQ VI tersebut.

Hadir di pembukaan, sakil walikota Batam Amsakar Achmad S.Sos, M.Si, camat Batu Ampar Drs. Tukijan, ketua panitia STQ H. Su’udi, Dandim 0316, anggota Kadin Batam Hartono, ketua LPTQ, ketua RW, RT, kepala puskesmas, OPD, LPK, BPK/ lurah dari 4 kelurahan, yakni Tanjung Sengkuang, Batu Merah, Kampung Seraya dan Sei Jodoh, Danlanal Batam, juri, dan peserta STQ.

Rangkaian deville di STQ VI Kecamatan Batu Ampar.

Pertama dibuka dengan laporan kegiatan oleh Su’udi, serta menyatakan akan bekerjasama dengan Qur’an center untuk membagikan Al Qur’an bagi pemenang serta mengharap dukungan dari semua pihak. Dilanjutkan dengan sambutan dari camat Tukijan, serta penyerahan simbolis piala bergilir kepada camat untuk diserahkan kepada jawara umum tahun ini.

Seremonial pembukaan STQ VI kecamatan Batu Ampar.

Dalam kesempatan sambutan, Amsakar mengaku salut dengan semangat dan antusias warga Batu Ampar atas STQ ini, dari 9 tempat/kecamatan yang ia hadiri pembukaan STQ nya, Batu Ampar menurutnya luar biasa antusiasnya, peserta pawai hingga 4000-an orang, dengan gamblang Amsakar mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas semangat warga Batu Ampar pada STQ tersebut.

Ia memperkirakan STQ Batu Aji dengan Batu Ampar kurang lebih sama antusiasnya, pawai hingga berdurasi satu setengah jam, di Batu Ampar, Amsakar menilai yang paling banyak berpartisipasi dalam STQ disitu adalah anak-anak mulai dari pawai, tari kolosal, sampai kompangnya.

Baca Juga  STQ VI Kecamatan Batam Kota, Al Quran Sebagai Pedoman Hidup

“Ini sesuatu yang membanggakan, saya berharap hal ini tidak hanya terjadi pada saat momentum STQ saja, setelah STQ, buka-buka juga al Qur’an, jadikan STQ ini media untuk mentransfer nilai-nilai Qurani kepada masyarakat, terutama anak-anak,” ujarnya.

Lanjut amsakar, anak-anak itu pasti akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya, bila orang tuanya membaca Al Qur’an, esoknya anak-anak pun pasti ikut baca.

“Kegemilangan islam terjadi ketika masyarakat pada masa itu (700 tahun lalu) ketika mereka sangat mencintai Al Qur’an dan betul-betul menjadikan Al Qur’an sebagai pola sikap dan pola tindak. Sekarang setiap harinya manusia seolah lupa dengan kebiasaan mencintai Al Qur’an, dan hanya sibuk dengan pemenuhan kebutuhan hidup semata, manusia yang paripurna adalah manusia yang bisa mengkombinasikan 3 komponen, yakni akal, hati, dan emosi. Mudah-mudahan dengan STQ ini di Batu Ampar lahir qori qoriah, hafiz hafizah, yang bisa diutus ditingkat kota. Saatnya kembali menjadikan Qur’an sebagai pola sikap dan pola tindak hingga tercipta masyarakat dan Batam sebagai bandar yang madani yang berdaya saing maju sejahtera dan bermartabat, salah satu implementasinya umat beragama makin taat beribadah,” tutup Amsakar.

Disusul dengan peresmian pembukaan STQ oleh Amsakar dan sejumlah tamu undangan dengan penekanan sirene dan letupan kembang api dan foto bersama.

Dalam jumpa pers, Tukijan menjabarkan kategori-kategori yang dilombakan di STQ, awal seleksi di tingkat kelurahan dan bagi yang lolos seleksi kecamatan akan dilakukan TC untuk memperdalam kajian Al Qur’an agar bisa bersaing menghadapi tingkat kota, sekaligus berharap para peserta STQ cukup mumpuni untuk menghadapi tingkat kota. (dian)

Persembahan tari kreasi dan kompang.

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Tujuh Kaligrafi Batam Lolos ke Final MTQ VII Kepri 2018

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Seluruh kaligrafi dari kafilah Kota Batam yang berjumlah tujuh kaligrafi, lolos menuju final …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *