Home / Pendidikan / Antri Subuh Ketimbang Daftar Online di PPDB SD dan SMP Unggulan Batam
Suasana antrian pendaftaran PPDB di SMPN 6 Batam hari kedua, selasa (6/6/17).

Antri Subuh Ketimbang Daftar Online di PPDB SD dan SMP Unggulan Batam

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Batam – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SD dan SMP unggulan tahun ajaran 2017/2018 di kota Batam dibuka selama 3 hari, senin (5/6/17) hingga rabu (7/6/17) pukul 08.00 hingga 12.00. Adapun SD unggulan itu adalah SDN 06 Sekupang, sedangkan SMP unggulan yaitu SMPN 6, SMPN 3 dan SMPN 26 Batam.

Dari pantauan Hangtuah Pos, wali murid SMP khususnya lebih memilih cara lama dalam mendaftarkan putra putrinya, yakni mengantri di sekolah pilihannya sejak pukul 04.30 pagi ketimbang mempergunakan layanan aplikasi PPDB online yang digagas dinas pendidikan kota Batam untuk tahun ajaran 2017/2018.

Hal ini diakui oleh salah satu wali murid PPDB SMPN 6 Batam, Sherry, bahwa dirinya belum mengetahui bila di tahun ajaran 2017/2018 ini telah ada aplikasi PPDB online yang bisa di download langsung di handphone.

“Kemarin (senin 5/6/17, red) saya ambil nomor antrian, dan hari ini (selasa 6/6/17, red) mengisi formulir. Kalau kemarin cuma sebentar saja ambil nomor kalau hari ini sudah antri 2 jam dari jam 8,” ungkapnya.

Ia berharap kedepannya petugas loket PPDB bisa ditambah agar tidak terlalu panjang antrian terjadi.

Ariyanto, staf pengawas dewan pendidikan kota Batam yang bertugas mengawasi PPDB di SMPN 6 Batam mengatakan bahwa SMPN 6 Batam membatasi dalam per hari sebanyak 150 orang pendaftar agar pendaftaran berjalan tertib dan kondusif. Serta dikatakannya bahwa nilai kelulusan kelas 6 SD belum keluar sehingga input administrasi dilakukan tanggal 8 juni. Lanjut Ariyanto, para pendaftar lebih memilih datang langsung ke sekolah ketimbang mendaftar secara online atas dasar pengertian administrasi yang perlu diketahui seperti legalisir ijazah dan sebagainya, namun tidak menutup online tetap diinput.

Dikatakan pula SMPN 6 Batam membuka 8 kelas, Nilai rata-rata diterima 85, dengan kuota penerimaan siswa sebanyak 256 orang dengan bina lingkungan, jalur prestasi akademik dan non akademik sebanyak 51 siswa, dengan sistem 30% tertulis, 30% nilai SKHU, dan 40% nilai akumulasi rapor semester ganjil kelas 4 – 6.

Ia berharap dengan adanya sekolah rujukan akan mendapatkan siswa berprestasi dan menjadi role model sekolah berprestasi di Kepri.

Kepada pers, ketua panitia PPDB SMPN 6 Batam tahun ajaran 2017/2018, Arizal S.Ag, M.Pdi, mengatakan situasi PPDB di SMPN 6 berjalan lancar dan aman, hari pertama memang agak membludak pendaftar sejak subuh dan hari kedua berjalan kondusif. Pengumuman tanggal 10 juni lewat online dan juga di tempelkan di sekolah. Dikatakannya lebih banyak pendaftar manual datang ke sekolah ketimbang daftar online, karena mungkin wali murid merasa khawatir datanya terinput atau tidak meskipun sebenarnya dari online bisa langsung diketahui kelayakan nilai siswa sebagai syarat mendaftar.

Suasana antrian pendaftaran PPDB di SMPN 6 Batam hari kedua, selasa (6/6/17), kepsek SMPN 6 Batam Wagiyem, S.Pd, MM (kiri bawah), ketua panitia PPDB SMPN 6 Batam Arizal, S.Ag, M.Pdi (kanan bawah).

Kepsek SMPN 6 Batam, Wagiyem, S.Pd, MM mengatakan bahwa ada wali murid yang mana nilai rapor akademik anaknya tinggi namun enggan melalui jalur pendaftaran reguler dan tetap mendaftar di jalur non akademik. Kekhawatiran nantinya di tes tertulis anaknya tidak akan lolos ranking yang menyebabkan hal itu terjadi. Mau tak mau sekolah tetap melayani keinginan para wali murid tersebut. Dan kedepannya ia mengharapkan agar sosialisasi kepada masyarakat tentang aplikasi PPDB Online bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelum PPDB berlangsung sehingga lebih banyak waktu bagi masyarakat mengetahui dan memahami sistem pendaftaran lewat online sekaligus itu juga membantu pihak sekolah agar tidak terlalu ramai para pendaftar mengantri. Sementara itu hingga hari ketiga PPDB, telah diterima sebanyak 415 pendaftar di SMPN 6 Batam.

Di SMPN 3 Batam, hingga hari ketiga PPDB, sebanyak 490 pendaftar yang diterima dengan pendaftar online sebanyak 93 orang. Kuota penerimaan sebanyak 232 orang dengan bina lingkungan dan prestasi sebanyak 56 orang.

Di SMPN 26 Batam, hingga hari ketiga PPDB, telah masuk sebanyak 585 pendaftar, yang mengikuti tes tertulis sebanyak 440 orang, kuota penerimaan siswa sebanyak 160 orang dengan jalur bina lingkungan dan prestasi sebanyak 32 orang.

Untuk SDN 06 Sekupang, jumlah pendaftar 174 org, jumlah kuota penerimaan reguler 67 orang domisili terdekat 9 orang dan warga miskin 8 orang. (dian)

About Dian Ratnawati

Lihat Juga

Mahasiswa KKN-PPM UGM Mengangkat Potensi Penyengat

HANGTUAHNEWS.CO.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *